Memahami Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan dan Fungsinya
Sistematika surat lamaran pekerjaan penting diperhatikan agar bisa dipertimbangkan oleh pemberi kerja. Untuk membuat sesuatu hal yang bagus dan bisa diterima dengan baik oleh pemberi kerja tentunya tidak boleh asal-asalan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena memahami sistematika surat lamaran pekerjaan terbilang penting. Surat lamaran kerja yaitu surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang bekerja di perusahaan atau instansi tertentu.
Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan memiliki sistematika yang terdiri dari beragam hal di antaranya kepala surat, lampiran dan perihal, tempat dan tanggal surat, isi, salam, penutup dan lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Tempat dan tanggal pembuatan surat merupakan sistematika surat lamaran pekerjaan paling awal yang ditempatkan di bagian pojok kanan atas tanpa titik di bagian akhir karena bukan kalimat.
Contoh:
Bandung, 10 Februari 2023
2. Perihal dan Lampiran
Perihal dan lampiran merupakan struktur surat lamaran pekerjaan yang tidak disulit singkat, berikut contohnya:
Perihal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 5 Lembar
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat surat lamaran pekerjaan merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya tidak menggunakan kata kepada dalam penulisan alamat dan jumlahnya disarankan tidak lebih dari tiga baris.
Contoh:
Yth. Kepala Bagian Personalia
PT Semen Sejahtera
Jalan Narogong Sunda No. 115 Bandung, Jawa Barat
4. Salam Pembuka
Salam pembuka di surat lamaran pekerjaan diawali dengan kata hormat disertai tanda baca koma, begini contohnya:
Dengan hormat,
Berdasarkan …