Efek Pandemi, 90% Pelanggan Astra Otoparts Beralih ke Layanan Digital

Image title
26 Juni 2020, 18:41
Ilustrasi, Astra International. PT Astra Otoparts Tbk mengungkapkan, di masa pandemi corona 90% pelanggan telah beralih ke layanan digital.
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, Astra International. PT Astra Otoparts Tbk mengungkapkan, di masa pandemi corona 90% pelanggan telah beralih ke layanan digital.

PT Astra Otoparts Tbk mengungkapkan, pandemi virus corona atau Covid-19 membuat pihaknya mempercepat digitalisasi penjualan maupun layanan service. Bahkan, 90% pelanggan telah beralih ke layanan digital.

Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian mengakui, pandemi corona menyebabkan permintaan menurun, karena beberapa kota menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Alhasil, kendaraan yang biasanya memiliki jarak tempuh yang tinggi, kini menjadi sangat sedikit.

Advertisement

Meski begitu, para pemilik kendaraan masih tetap melakukan perawatan kendaraannya. Selain itu,banyak pelanggan, baik yang business to business (b to b), yakni toko atau distributor sparepart, maupun business to customer (b to c), telah beralih menggunakan platform digital milik Astra Otopart.

“Lebih dari 90% pelanggan sudah beralih ke platform digital milik kami, yakni Astraotoshop, termasuk distributor,” kata Yusak dalam acara seminar virtual atau webinar, Jumat (26/6).

Selain peralihan kanal penjualan ke digital, Astra Otoparts juga mencatat ada lonjakan pada jasa perbaikan kendaraan di rumah atau home service delivery. Layanan yang kerap dipesan adalah, jasa ganti oli maupun ganti aki. Ia mengungkapkan, sebelum pandemi corona layanan ini sudah ada, namun angkanya tak setinggi saat ini.

Dari sisi layanan pelanggan, Astra Otoparts juga mencatatkan lonjakan pada layanan call center selama pandemi corona. Hal ini berimbas pada meningkatnya traffic informasi di media sosial Astra Otoparts.

(Baca: Astra Tebar Dividen Rp 8,6 Triliun, Harga Saham Melesat 5,06%)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement