Lelang Makan Siang Bersama Warren Buffet Laku Rp 281,94 Miliar

Image title
18 Juni 2022, 14:00
lelang, Warren Buffett
Flickr/Asa Mathat/Fortune Live Media
Ilustrasi, Warren Edward Buffett, tokoh bisnis, investor, dan filantropis Amerika Serikat (AS).

Seseorang memenangi lelang amal untuk makan siang bersama triliuner Amerika Serikat (AS) Warren Buffett, dengan tawaran akhir senilai lebih dari US$ 19 juta atau setara dengan Rp 281,94 miliar.

Lelang yang dibuka di eBay dan berakhir pada Jumat (17/6) malam tersebut, merupakan lelang ke-21 yang digelar oleh Buffett untuk mendanai sebuah badan amal. Nilai akhir yang ditawar oleh pemenang tersebut, melampaui rekor sebelumnya pada 2019 yang tercatat sebesar US$ 4,57 juta.

Advertisement

Mengutip Antara, semua hasil lelang akan disumbangkan ke Glide, sebuah lembaga nirlaba di Tenderloin, San Francisco, yang membantu masyarakat miskin, tuna wisma dan rehabilitasi pecandu narkoba. Glide menyediakan makan, tempat penampungan, tes HIV dan hepatitis C, pelatihan kerja dan berbagai program untuk anak-anak.

Buffett, yang berusia 91 tahun, adalah ketua dan kepala eksekutif Berkshire Hathaway Inc., yang merupakan perusahaan konglomerat AS di Omaha, Nebraska. Ia telah menggalang dana lebih dari US$ 53,2 juta bagi Glide, lewat 21 lelang sejak 2000.

Juru bicara eBay mengatakan, makan siang bersama Buffett adalah "barang" paling mahal yang pernah terjual di situs lelang tersebut. Lelang itu ditiadakan pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.

Buffett menjadi pendukung Glide setelah Susan, istri pertamanya yang wafat pada 2004, mengenalkannya pada badan amal itu saat menjadi relawan. Buffett juga berjanji untuk menyumbangkan hampir seluruh kekayaannya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement