Bantu Warga Kurang Mampu, PLN Gratiskan Biaya Penyambungan Listrik

Image title
18 Juni 2022, 14:18
Direktur Utama PLN hadir di acara pemberian bantuan biaya penyambungan listrik gratis kepada 100 keluarga kurang mampu di Sleman dan Bantul.
Dok. PLN
Direktur Utama PLN hadir di acara pemberian bantuan biaya penyambungan listrik gratis kepada 100 keluarga kurang mampu di Sleman dan Bantul.

PLN memberikan bantuan berupa biaya penyambungan listrik gratis kepada 100 keluarga kurang mampu di Sleman dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemberian bantuan ini, merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TSJL) PLN Peduli.

Bantuan ini diberikan secara simbolis oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo kepada salah satu warga penerima manfaat di Kabupaten Bantul pada Sabtu, (18/6) di sela acara gowes bersama Direksi PLN dengan Pemimpin Redaksi Media.

Advertisement

Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN, dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Rumah penerima bantuan akan mendapatkan listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Tak hanya itu, bantuan juga meliputi pembuatan instalasi di dalam rumah dengan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

"PLN menyediakan bantuan sambung listrik gratis 100 pelanggan satu pelanggannya bantuannya Rp 1 juta  baik itu penyambungan maupun instalasi di dalam rumahnya," kata Darmawan dalam keterangan resmi, Sabtu (18/6).

Dalam menyediakan listrik, PLN hanya berkewajiban membangun jaringan untuk memasok listrik ke rumah pelanggan. Sementara, untuk pembuatan instalasi di dalam rumah, dan biaya penyambungan listrik, biasanya menjadi tanggung jawab pelanggan. Namun, dengan adanya bantuan ini, maka biaya tersebut ditanggung oleh PLN.

Darmawan menjelaskan, bantuan biaya penyambungan listrik gratis ini, merupakan bentuk kepedulian PLN bagi masyarakat tidak mampu, serta sebagai upaya dalam pemerataan kelistrikan di seluruh Indonesia. Selain itu, juga sebagai wujud hadirnya negara melalui akses energi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement