Indonesia dan Perancis Sepakat Kerja Sama di Bidang Pertahanan

Image title
9 Juli 2022, 14:54
kerja sama, Indonesia, Perancis, pertahanan, Menlu
ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/aww.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna seusai Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7/2022).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi dan Menlu Prancis Catherine Colonna sepakat memperkuat kemitraan kedua negara, khususnya di bidang pertahanan.

Keduanya bertemu di sela-sela Pertemuan Menlu G20 atau G20 Foreign Ministers Meeting (FMM), yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada Jumat (8/7).

“Kedua menlu juga sepakat untuk segera melaksanakan pertemuan two-plus-two, yakni antara Menlu dan Menteri Pertahanan (Menhan) dua negara, tahun ini,” kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Sabtu (9/7).

Sebelumnya, Indonesia dan Prancis telah menandatangani beberapa kerja sama pertahanan, antara lain kontrak pembelian enam pesawat tempur Rafale antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dengan produsen pesawat militer Prancis, Dassault yang merupakan awal dari kontrak yang lebih besar untuk 36 pesawat tempur Rafale berikutnya.

Kedua negara juga menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) kerja sama di bidang riset dan pengembangan, yang dilakukan antara PT PAL dan Naval Group. Kemudian, MoU kerja sama Program Offset dan ToT antara Dassault dan PT Dirgantara Indonesia.

Lalu, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group, serta kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...