Jokowi Kemah di IKN, Gunakan Shower hingga Tenda Buatan Perancis

Jokowi kemah malam ini di area perkemahan sekitar 2,7 kilometer dari titik nol Ibu Kota Negara (IKN).
Image title
14 Maret 2022, 16:53
jokowi, jokowi kemah, tenda jokowi, IKN, jokowi kemah di IKN
Foto: Agus Suparto
Presiden Joko Widodo saat berkemah di IKN, Kalimantan Timur. Foto: Agus Suparto

Presiden Joko Widodo berkemah di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur pada Senin (14/3). Saat berkemah, Jokowi akan menggunakan sejumlah fasilitas, seperti kamar mandi dengan shower dan bermalam di tenda buatan Perancis.

Jokowi bermalam di area perkemahan sekitar 2,7 kilometer dari titik nol IKN. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden mendapatkan fasilitas kamar mandi dengan shower untuk menghemat air.

"Karena air terbatas," kata Heru dalam pesan singkat, Senin (14/3).

Meski demikian, menurut dia, Jokowi tidak mendapatkan fasilitas toilet duduk. Jumlah kamar mandi yang tersedia sebanyak enam unit untuk 30 orang. Adapun kamar mandi untuk Presiden disiapkan terpisah dari unit kamar mandi lainnya.

Advertisement

Mantan Gubernur DKI Jakarta  akan bermalam menggunakan tenda produk Quechua yang merupakan merek asal Perancis. Heru mengatakan, tenda tersebut merpakan inventaris lama milik Sekretariat Presiden yang diadakan saat terjadi gempa di Poso, Sulawesi Tengah pada 2019.

Tak hanya Jokowi, tenda yang ditempati para rombongan juga berasal dari inventaris lama Sekretariat Presiden.

Dalam tenda tersebut, Jokowi mendapatkan fasilitas tempat tidur dan makanan seperti kue dan buah. Heru memastikan, tidak ada fasilitas pendingin (air conditioner/AC) dan makanan khusus.

"Paling Indomie," kata Heru.

Jokowi berkemah bersama sejumlah menteri, yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Kemudian, ada Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. Turut ikut berkemah Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Heru mengatakan, kegiatan berkemah tidak diikuti oleh gubernur dari wilayah lainnya lantaran lokasi kemah terbatas. "Berbentuk kontur tanah. Fasilitas air dan lain-lain sangat terbatas" ujar Heru.

Pada malam hari, Jokowi akan berdiskusi dengan para menteri terkait IKN. Heru memastikan, keperluan berkemah disiapkan secara sederhana tanpa mengurangi aspek keamanan.

Sementara, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan selain pengamanan fisik, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan lain dari binatang liar maupun penyakit, khususnya malaria. Untuk itu, pihaknya telah melakukan penyemprotan nyamuk (fogging) di area perkemahan.

"Kemudian di sekitaran tenda-tenda, terutama di sekitar VVIP, sudah kami sebarkan juga seperti garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata. Kami juga siapkan bisa anti ular," ujar dia.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait