Harga Keekonomian Rp 14.256, Pertamina Disarankan Kerek Harga Pertamax

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Maret 2022, 06:30
Pertamax, harga keekonomian, harga pertamax
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi. Harga keekonomian Pertamax saat ini mencapai Rp 14.256 per liter.

Kenaikan harga minyak dunia mendorong harga keekonomian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual PT Pertamina termasuk jenis Pertamax atau RON 92. Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyarankan Pertamina untuk menaikkan harga Pertamax lantaran harga keekonomiannya sudah mencapai Rp 14.256 per liter.

"Sepanjang 2021 saja, selisih harga jual Pertamax dengan keekonomian mencapai Rp 2.000 hingga Rp 2500 per liter. Belum lagi, konsumsi Pertamax saat ini mencapai 14% dari total komsumsi BBM secara nasional," ujar Mamit kepada Katadata.co.id, Rabu (23/3). 

Ia menjelaskan, Pertamina akan terus merugi jika tidak ada penyesuaian harga Pertamax. Selain Pertamax, Pertamina juga mencatatkan selisih harga yang cukup besar antara harga jual dan keekonomiannya untuk produk Pertalite mencapai  sekitar. Rp 3.000 per liter. 

"Beban Pertamina sangat berat tahun ini karena tingginya harga minyak dunia. Penyesuaian terhadap harga Pertamax memang harus dilakukan,”  ujar Mamit.

Ia meyakini, harga jual Pertamax masih akan lebih murah dibandingkan SPBU swasta lainnya yang menjual BBM sejenis meski dilakukan kenaikan harga. Apalagi, pertamina kerap melakukan promosi potongan harga sebesar Rp 300 per liter jika pembelian dilakukan dengan aplikasi My Pertamina.

Kenaikan harga minyak dunia hingga kini belum berpengaruh pada harga jual BBM jenis Pertamax dan Pertalite. Di Pulau Jawa, Pertamax dilego Rp 9000 per liter, sedangkan Pertalite dijual dengan Rp 7650 per liter.

Mamit menilai, sudah selayaknya Pemerintah memerikan kompensasi kepada Pertamina. Hal ini sesuai dengan Peraturan presiden Nomor 117 Tahun 2021 tentang Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...