Ramalan Suram Mantan Bos The Fed Bernanke: AS Akan Hadapi Stagflasi

Agustiyanti
17 Mei 2022, 20:17
corona, covid-19, pandemi corona, the fed
ANTARA FOTO/REUTERS/Bryan R Smith/nz/cf
Ilustrasi. Amerika Serikat tengah menghadapi kenaikan suku bunga akibat inflasi tinggi.

Mantan Gubernur The Federal Reserve Ben Bernanke menilai keputusan bank sentral Amerika Serikat yang sempat menunda keputusan untuk menaikkan suku bunga untuk menghadapi inflasi adalah sebuah kesalahan. Ia menilai ekonomi Amerika kini mulai memasuki periode stagflasi atau kombinasi terjadinya stagnansi ekonomi dan inflasi tinggi, ditambah dengan pengangguran tinggi. 

Bernanke menjabat sebagai Gubernur The Fed selama periode Bush dan Obama saat melalui krisis keuangan 2008. Pada masa-masa itu, bank sentral AS memainkan peran besar dalam membantu pemulihan ekonomi. 

Meski memahami alasan di balik tanggapan The Fed menunda respons terhadap inflasi, Ia menilai, Bank Sentral AS seharusnya bertindak lebih cepat untuk membantu menurunkan tingkat inflasi tahunan yang mencapai 8,5% pada April 2022.

“Mengapa mereka menunda memberikan respons? Saya pikir saat retrospeksi, ya, itu kesalahan dan saya pikir mereka setuju bahwa itu adalah kesalahan,”kata Bernanke kepada CNBC, Senin (17/5). 

Bernanke mengatakan The Fed tak segera mengambil tindakan untuk menaikkan bunga secara cepat kemungkinan karena kekhawatiran dapat mengejutkan pasar. 

Tingkat inflasi terus meningkat sepanjang 2021. Sebagian besar tanggapan The Fed yang disampaikan kepada publik didasarkan pada keyakinan bahwa kenaikan inflasi hanya bersifat sementara. Gubernur The Fed Jerome Powell menyebut, kenaikan inflasi tak cukup untuk meninggalkan tanda permanen dan membentuk inflasi yang lebih tinggi. 

The Fed mulai menaikkan bunga acuan tahun ini dan telah menaikkan 50 bps pada Mei 2022. 

Powell dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen baru mencabut pernyataan mereka terkait inflasi tinggi yang bersifat sementara dan meyakinkan pasar untuk menaikkan suku bunga pada Desember 2021. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...