Bank Dunia Ramal Ekonomi Cina Tahun Ini Lebih Suram Akibat Lockdown

Agustiyanti
9 Juni 2022, 10:40
ekonomi cina, lockdown cina, pertumbuhan ekonomi cina
ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/YU
Sejumlah warga mengantre di depan swalayan untuk membeli bahan kebutuhan pokok di kawasan Panjiayuan, Beijing, China, Minggu (29/5/2022). Penguncian wilayah (lockdown) yang berlangsung selama 37 hari telah berakhir pada Sabtu (28/5/2022).

Bank Dunia memperkirakan ekonomi Cina akan melambat pada tahun ini sebagai imbas kebijakan nol Covid-19 dengan melakukan penguncian wilayah atau lockdown di banyak wilayah. Proyeksi pertumbuhan ekonomi Cina direvisi ke bawah 0,8 poin persentase menjadi 4,3% pada tahun ini.

"Revisi penurunan ini sebagian besar mencerminkan kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh wabah Omicron dan penguncian yang berkepanjangan di beberapa bagian Cina dari Maret hingga Mei," kata Bank Dunia dalam laporannya, Rabu (8/6).

Risiko penurunan pada prospek ekonomi Cina bukan hanya dibayangi penyebaran Covid-19 yang lebih menular. Risiko juga dapat berasal dari tekanan terus-menerus di sektor real estat dengan konsekuensi ekonomi yang lebih luas. Perekonomian Cina juga rentan terhadap risiko terkait prospek global.

Seperti diketahui, Bank Dunia juga telah memperingatkan resesi ekonomi di banyak negara kemungkinan sulit terhindarkan. Dengan kombinasi kenaikan inflasi, ancaman stagflasi juga bukan tidak mungkin terjadi. Prospek pertumbuhan ekonomi global dipangkas dari 4,1% menjadi 2,9%.

Namun, momentum pertumbuhan diperkirakan akan pulih pada paruh kedua. Hal ini dibantu oleh stimulus kebijakan yang agresif untuk memitigasi penurunan ekonomi. Selain itu, dengan mulai terkendalinya pandemi dan pencabutan kebijakan pembatasan mobilitas sepenuhnya, pertumbuhan ekonomi Cina bisa lebih tinggi dari yang diproyeksikan saat ini. 

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...