Duta Keamanan Siber Inggris Akan Temui Prabowo, Apa yang Dibahas?

Agustiyanti
22 Juni 2022, 19:51
prabowo subianto, inggris, kementerian pertahanan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Direktur Pertahanan dan Keamanan dari Departemen Perdagangan Internasional Inggris Mr Mark Goldsack CBE dan Duta Besar Keamanan Siber Inggris Juliette Wilcox dijadwalkan untuk menemui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam kunjungannya ke Indonesia selama tiga hari, 22-24 Juni 2022.

Pemerintah Inggris ingin meningkatkan kemitraan Indonesia dan membahas potensi kerja sama di bidang pertahanan. Diskusi akan dilakukan dalam kunjungan Direktur Pertahanan dan Keamanan dari Departemen Perdagangan Internasional Inggris Mr Mark Goldsack CBE dan Duta Besar Keamanan Siber Inggris Juliette Wilcox selama tiga hari di Indonesia pada 22-24 Juni 2022.

Goldsack dan Wilcox dijadwalkan untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Andika Perkasa, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, dan perwakilan holding BUMN pertahanan. 

Advertisement

Indonesia dan Inggris telah memiliki nota Kesepahaman tentang Keamanan Siber, dan Dialog Siber bilateral pertama berlangsung pada November 2021. Kedua negara juga telah  berkolaborasi dalam bidang-bidang utama termasuk strategi keamanan siber nasional, pencegahan kejahatan siber, serta pelatihan dan pengembangan kapasitas.

Adapun kunjungan dilakukan setelah Inggris meluncurkan strategi digital Inggris terbaru pada 13 Juni di London Tech Week. Strategi ini menetapkan visi Inggris untuk memanfaatkan transformasi digital, mempercepat pertumbuhan, dan membangun ekonomi digital yang lebih inklusif, kompetitif, dan inovatif untuk masa depan. Kolaborasi internasional, termasuk dengan Indonesia, merupakan elemen penting dari strategi tersebut. 

Mark Goldsack dan Juliette Wilcox akan menjajaki peluang untuk berkolaborasi di sektor industri, berbagi keahlian dan informasi pertahanan, keamanan, dan siber dengan pemerintah Indonesia yang ingin memperkuat pertahanan siber. Menurut keduanya, meningkatkan kemitraan dan kolaborasi industri antara Indonesia dan Inggris akan saling menguntungkan bagi kedua negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement