Paket Pertemuan SBY-JK dan Paloh-AHY, Apa Hasilnya?

Image title
23 Juni 2022, 21:36
nasdem, demokrat, sby, jusuf kalla, AHY, surya paloh
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ketiga kanan) didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan) didampingi jajaran petinggi kedua partai memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan tertutup di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Kamis (23/6/2022). Pertemuan antara Partai Demokrat dan Partai NasDem tersebut untuk mempererat komunikasi dan silaturahmi.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapatkan kunjungan dari Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla pada Kamis (23/6) di kediaman SBY yang berlokasi di Cikeas. Keduanya bertemu dalam suasana keakraban, mengingat pernah menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Meskipun keduanya tidak lagi aktif dalam kegiatan politik sehari-hari, namun masih terpanggil untuk ikut memikirkan jalan menuju Indonesia yang lebih baik,” kata Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan dalam keterangannya pada Kamis (23/6).

SBY sempat memulai topik mengenai bidang-bidang yang pernah dijalaninya hingga kini, yaitu militer, politik, dan seni. Pernyataan itu pun disambut JK dengan menyebut bidang-bidang yang pernah ditekuninya.

“Dari bisnis ke politik, sekarang ke sosial,” ujar JK saat berbincang dengan SBY.

Ucapan JK pun langsung dibalas dengan pujian dari SBY. Menurutnya, JK memang sosok yang aktif dalam kegiatan sosial. “Oh iya bagus. Pak JK juga kekuatannya di sosial dari dulu kan,” kata SBY.

Tak hanya bernostalgia, SBY juga menyampaikan kepada JK kegiatan yang belakangan ini dilakukannya untuk mengisi hari. Dia mengungkapkan bahwa sejak memasuki usia pensiun, melukis dan menulis menjadi kegiatan favoritnya. 

Presiden RI ke-6 itu menuturkan bahwa tidak aktif lagi dalam kegiatan politik sejak jabatan ketua umum Partai Demokrat berada di pundak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Sekali-kali saya kasih nasehat atau mereka meminta pandangan saya,” ujarnya. 

Pertemuan SBY-JK diketahui berbarengan dengan pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat AHY dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Nasdem Tower yang berlokasi di Gondangdia. Usai bertemu dengan Surya Paloh, AHY menjelaskan bahwa pertemuan di Cikeas hanya kebetulan berbarengan dengan pertemuan di Gondangdia.

Dia menuturkan bahwa belum mengetahui perihal pembahasan dalam pertemuan di Cikeas. Namun demikian, menurut dia, pertemuan itu merupakan silaturahmi di antara sahabat.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...