Harga Minyak Melonjak Pekan Lalu Gara-gara Rencana OPEC+

Agustiyanti
10 Oktober 2022, 08:18
harga minyak, opec+
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Harga minyak Brent pada pekan lalu naik US$3,50 atau 3,7% menjadi US$97,92 per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik US$4,19 atau 4,7% menjadi berakhir $92,64.

Harga minyak melonjak sekitar 4% ke level tertinggi lima minggu terakhir pada akhir pekan lalu. Harga minyak terdongkrak oleh keputusan OPEC+ pekan lalu untuk memangkas pasokan minyak terbesar sejak 2020 meskipun ada kekhawatiran resesi dan kenaikan suku bunga.

Minyak menguat untuk hari kelima berturut-turut bahkan saat dolar AS juga menguat. Dolar AS yang menguat biasanya menekan permintaan minyak karena pembeli dengan mata uang denominasi di luar dolar AS harus membeli minyak dengan harga lebih mahal. 

Harga minyak Brent naik US$3,50 atau 3,7% menjadi US$97,92 per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik US$4,19 atau 4,7% menjadi berakhir $92,64.

Ini adalah penutupan tertinggi harga minyak Brent sejak 30 Agustus dan WTI sejak 29 Agustus. Lonjakan harga mendorong kedua benchmark ke wilayah overbought secara teknis untuk pertama kalinya sejak Agustus untuk Brent dan Juni untuk WTI.

Kedua kontrak membukukan kenaikan mingguan kedua berturut-turut, dan persentase kenaikan mingguan terbesar sejak Maret minggu ini, dengan Brent naik sekitar 11% dan WTI 17% lebih tinggi.

Menurut data Refinitiv, harga berjangka minyak AS melonjak 19% minggu ini ke penutupan tertinggi sejak Juni, meningkatkan retakan minyak pemanas  atau ukuran margin keuntungan penyulingan  ke rekor penutupan tertinggi sejak Desember 2009.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, yang dikenal sebagai OPEC+, sepakat pada pekan ini untuk menurunkan target produksi mereka sebesar 2 juta barel per hari.

"Di antara konsekuensi utama dari pemotongan terbaru OPEC adalah kemungkinan kembalinya minyak US$100," kata Stephen Brennock dari pialang minyak PVM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...