DPR: Nama Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi Kemungkinan Masuk Besok

Ade Rosman
23 November 2022, 19:52
DPR, panglima tni, surpres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
DPR menyebut kemungkinan surpres nama calon panglima TNU akan diterima besok.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kemungkinan surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa akan diterima DPR Kamis (24/11) besok.

"Hingga sore ini surpres belum, tapi info kami dapat surpres akan dikirim kemungkinan besok ke ketua DPR," katanya kepada wartawan, di kompleks parlememen, Jakarta, Rabu (23/11).

Dasco mengatakan, pihaknya akan segera memproses sesuai mekanisme yang berlaku jika sudah menerima surppres tersebut. "Nanti kalau sudah di ibu ketua DPR, kita akan proses sesuai mekanisme yang berlaku, sambil waktunya kita sesuaikan dengan masa reses,"  katanya.

Kabar penyerahan surpres tersebut hingga kini masih simpang siur., Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid sebelunya  menyatakan surat presiden (surpes) dari istana terkait calon Panglima TNI akan diterima pihaknya Rabu (23/11) sore.

"Sudah berkomunikasi dengan pemerintah. Kemungkinan sore ini masuk. Kita tunggu saja," kata Meutya, dalam keterangan resmi, Rabu (23/11).

Meutya menyatakan Komisi I DPR RI masih memiliki waktu untuk melakukan uji kepatutan dan uji kelayakan atau fit and proper test terhadap calon yang diusulkan, sebelum masa sidang berakhir.

"Ini masa sidang terakhir kita punya waktu paling lama sebelum masa sidang berakhir 16 Desember 2022," katanya.

Jika surpres masuk hari ini, tambah Meutya, Komisi I DPR RI akan melakuan fit and proper test pada minggu depan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...