Menu Makanan Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Ribuan tamu undangan menghadiri resepsi pernikahan putera bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar di Pura Mangkunegara, Solo pada hari ini.
Agustiyanti
11 Desember 2022, 13:36
kaesang, erina gudono, kaesang pangarep, pernikahan kaesang-erina
Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo saat resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegara pada Minggu (11/12).

Presiden Joko Widodo menggelar resepsi pernikahan putera bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegara, Solo pada Senin (11/12). Beragam menu makanan lokal hingga internasional tersaji selama resepsi yang akan dihadiri oleh sekitar 6.000 tamu undangan ini. 

MC resepsi pernikahan Kaesang-Erina, Muhammad Taufik Widodo menjelaskan, sudah ada ribuan tamu undangan yang telah masuk ke Pura Mangkunegara untuk memberikan ucapan selamat kepada Kaesang dan Erina.

"Kami lihat ada ribuan tamu yang sudah memasuki area Pura Mangkunegara, setelah ribuan tamu yang sudah hadir sebelumnya untuk memberikan ucapan selamat," ujar Widodo dalam live streaming Ngunduh Mantu dan Tasyakuran Pernikahan Kaesang dan Erina di akun Youtube Presiden Joko Widodo, minggu (11/12). 

Ia menyebutkan, ada berbagai macam menu makanan yang disediakan untuk para tamu undangan, termasuk berbagai makanan khas solo. Berikut daftarnya:

  • Kimlo Solo
  • Tengkleng
  • Aneka bakso
  • Bakso Malang
  • Bistik Galantin
  • Sup Iga
  • Makanan Jepang
  • Mie lamian 
  • Pecking duck
  • Nasi kebuli
  • Chicken Cordon Blue
  • Sate ayam
  • Salad 
  • Sup Makaroni
  • Aneka minuman
  • Aneka produk milik Kaesang, seperti: Mangkokku dan Sang Pisang

Resepsi pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung sejak pagi hingga siang, sedangkan sesi kedua akan digelar mulai pukul 19.00 WIB.

Pernikahan Kaesang dan Erina juga dimeriahkan dengan kirab dan pesta rakyat. Ratusan ribu warga memadati jalanan menuju Pura Mangkunegara sejak pagi hari.

Ada sembilan panggung hiburan rakyat tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro yang menuju Pura Mangkunegaran. Panggung pertama berada di depan Loji Gandrung, tempat pelaksanaan upacara "ngunduh mantu" dan dimulainya kirab pengantin Kesang dan Erina.

Panggung kedua berada di seberang Stadion R.Maladi, sementara panggung ketiga berada di depan Taman Sriwedari. Panggung keempat telah disiapkan tepat di depan Museum Batik Danar Hadi

Adapun panggung kelima berada di depan Halte BST Timuran dan panggung keenam berada di persimpangan antara Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Kartini.

Sementara panggung ke tujuh dan kedelapan berada di seputaran Jalan Diponegoro menuju Pura Mangkunegaran, yakni di persimpangan Jalan Slamet Riyadi dan di depan Pasar Triwindu. Sedangkan satu panggung lainnya, berada di kawasan pamedan Pura Mangkunegaran tempat dilaksanakan resepsi "ngunduh mantu".

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir sebelumnya mengatakan seniman dan musisi lokal Kota Solo akan mengambil bagian pada panggung hiburan tersebut. Para pengisi hiburan rakyat dalam "ngunduh mantu" Keasang dan Erina tersebut antara lain Sanggar Karawitan Guyub Rukun, Keroncong Sawunggaling, Andre dan Friend Bands, Orkes Kampung Latar Jembar, Rimanz Pitoe, Java El Mariachi, Komunitas Keroncong Muda Solo, Sanggar Karawitan Gedhing Kuning, serta Keroncong De Java.

Ia juga menyebut, belasan ribu paket makanan dan souvenir disiapkan gratis bagi warga masyarakat yang ikut memeriahkan gelaran pesta rakyat yang digelar di sekitar rute kirab pengantin tersebut.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait