BPS: Harga Beras Naik di 79 Kota, Kenaikan Tertinggi di Banjarmasin

Abdul Azis Said
2 Januari 2023, 12:17
harga beras, kenaikan harga beras, update me
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi. Dari 79 kota yang mengalami kenaikan harga beras, kenaikan tertinggi di Banjarmasin dengan inflasi atau kenaikan harga mencapai 14,64%, disusul kota Baubau 7,26%.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga beras menjadi salah satu penyumbang utama inflasi pada Desember 2022. Sebanyak 79 dari 90 kota yang disurvei BPS mencatatkan kenaikan harga beras. 

"Inflasi Desember ini 0,66% secara bulanan, komoditas penyumbang inflasi secara bulanan terutama beras, tarif air minum, da kenaikan harga telur ayam ras," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers secara daring, Senin (2/1).

Beras memberi andil 0,07 poin persentase terhadap inflasi secara bulanan pada Desember. Dari 79 kota yang mengalami kenaikan harga beras, kenaikan tertinggi di Banjarmasin dengan inflasi atau kenaikan harga mencapai 14,64%, disusul kota Baubau 7,26%.

Mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan (PIHPS), harga beras nasional pada 30 Desember 2022 sebesar Rp 12.600 per Kg, naik 2,44% dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasarkan wilayah, harga tertinggi di Kalimantan Tengah Rp 16.650 per kg dan terendah di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar Rp 10.450 per kg.

Harga beras di dalam negeri yang konsisten tinggi sempat menuai sorotan dari publik. Laporan Bank Dunia menyebut harga beras Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Harga beras di Indonesia bahkan konsisten menjadi yang tertinggi di kawasan selama satu dekade terakhir, 28% lebih tinggi dar harga di Filipina, dan lebih dari dua kali lipat dibandingkan harga di Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Thailand.

Guna menjaga harga beras, Perusahaan umum Badan Urusan Logistik (Bulog) saat ini telah memperoleh mandat untuk mengimpor 200.000 ton beras hingga akhir 2022 untuk mengamankan stok pemerintah. Bulog berencana untuk mengimpor beras lagi hingga 300.000 pada awal 2023. Perusahaan plat merah itu membeli beras dari Thailand, Pakistan, Vietnam, dan Myanmar.

Selain beras, komoditas lainnya yang juga menyumbang inflasi cukup besar pada Desember, yakni tarif air minum PAM sebesar 0,07 poin persentase. Kenaikan tarif air minum PAM ini hanya terjadi di satu kota, yakni kota Bandung. Harga air minum PAM di ibu kota Jawa Barat itu melesat 94,6% dalam sebulan.

Komoditas penyumbang inflasi lainnya bulan lalu adalah telur ayam ras dengan andil 0,06%. Inflasi harga telur ayam terjadi di 89 kota, dengan kenaikan tertinggi di Kota Batam 13,31% dan Kota Dumai 13,18%. Barang lainnya yang juga menyumbang kenaikan inflasi, yakni kontrak rumah, daging ayam ras dan tomat.

Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...