OJK Minta Bunga Pinjol Dipangkas, Berikut Tawaran Bunga 10 Fintech

OJK meminta perusahaan fintech memangkas bunga pinjaman online agar terjangkau bagi masyarakat. Bunga pinjol untuk konsumsi saat ini ditetapkan maksimal 0,8% per hari.
Image title
26 Oktober 2021, 19:11
bunga pinjol, bunga, pinjol, fintech
Katadata
Ilustrasi. Bunga fintech lending untuk pinjaman produktif saat ini 16% – 30% per tahun. Sedangkan bunga pinjaman konsumtif dibatasi 0,8% per hari

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta masyarakat tidak menggunakan jasa pinjaman online atau pinjol ilegal. Lembaga ini pun berharap perusahaan teknologi finansial (fintech) menurunkan suku bunga sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat. 

“Kami meminta perusahaan pinjaman online atau fintech legal memberikan suku bunga yang lebih murah," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso pekan lalu. 

Bunga fintech lending untuk pinjaman produktif saat ini 16% – 30% per tahun. Sedangkan bunga pinjaman konsumtif dibatasi 0,8% per hari dengan maksimal bunga dan biaya lainnya tidak lebih dari 100%. Hal ini artinya bunga, denda, dan biaya lainnya tidak melebihi utang pokok.

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) pun telah berencana memangkas bunga kredit harian hingga 50%. "Kami turunkan batas atas maksimal pinjaman bunga (per hari) kurang lebih 50% supaya fintech bisa lebih terjangkau, dengan skala ekonomis yang lebih murah," kata Ketua Umum AFPI Adrian Asharyanto saat konferensi pers virtual, Jumat (22/10).

Dengan bunga yang lebih rendah, AFPI berharap masyarakat bisa membedakan layanan pinjaman online yang resmi dengan pinjol ilegal.

OJK saat ini telah menetapkan 106 pinjaman online legal. Daftar lengkap pinjol legal dapat dilihat dalam link ini. 

Berikut suku bunga yang dikenakan 10 pinjol legal:

  1. Uang Teman 

    Berdasarkan simulasi pada situs resmi Uang Teman, Fintech ini menawarkan pinjaman mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta dengan tenor  65 hari hingga 70 hari. Bunga yang dikenakan jika meminjam Rp 3 juta dengan tenor 70 hari Rp 1,68 juta. Dengan demikian rata-rata bunga per hari sebesar 0,08%.

  2. Indodana

    Fintech ini memiliki dua produk, yakni pinjaman tunai dan Paylater. Pinjaman tunai ditawarkan mulai Rp 1 juta hingga Rp 8 juta dengan tenor 1-3 bulan. Suku bunga yang ditawarkan sebesar 0,57% hingga 0,8% per hari. 

    Sementara untuk Paylater digunakan untuk memberi barang pada merchant yang telah bekerja sama. Pinjaman dengan tenor satu bulan tidak dikenakan bunga, sedangkan lebih dari itu dikenakan bunga 3% per bulan ditambah biaya admin fee 1% atau minimum Rp 1.000.

  3. DanaRupiah

    Fintech ini memiliki tiga produkt pinjaman yakni personal, produktif, dan pendidikan. Pinjaman personal ditawarkan dengan bunga 0,8% per hari. 

    Sementara pinjaman produktif ditawarkan dengan bunga 28% per tahun ditambah 8% biaya platform, dan pinjaman pelatihan dan pendidikan dengan bunga 22-23% per tahun ditambah 3% biaya platform.  

  4. Kredit Pintar

    Pinjaman yang ditawarkan Kredit Pintar dapat mencapai hingga Rp 20 juta dengan tenor 91 hari hingga 360 hari. Suku bunga tahunan maksimum 11%, ditambah biaya admin 5% hingga 15%. Selain itu, ada biaya keterlambatan 1% per hari.  

  5. Pinjam Yuk

    Fintech ini menawarkan pinjaman Rp 200 ribu hingga Rp 2 juta. Tenor yang ditawarkan 30-61 hari dengan biaya administrasi dan bunga 0,8% per hari. 

  6. Danafix 

    Danafix menyediakan pinjaman dengan plafon Rp 500 ribu hingga Rp 10 juta. Tenor pinjaman mulai dari 91-180 hari dengan bunga per hari sekitar 0,5%.  

  7. AdaKami

    Fintech ini menyediakan pinjaman mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 10 juta dengan tenor pinjaman 3-12 bulan. Sementara suku bunga pinjaman maksimum 36% per tahun dengan biaya layanan 1,42% dari pokok pinjaman.

  8. UangMe

    UangMe menawarkan mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 4 juta dengan tenor 91 hari hingga 120 hari. Suku bunga maksimal pinjaman sebesar 21,9% per tahun dengan biaya layanan mencapai 24,3% hingga 32,4% tergantung jumlah dan tenor pinjaman. 

  9. Rupiah Cepat

    Perusahaan pinjaman online ini memberikan plafon pindaman hingga Rp 10 juta dengan tenor hingga tiga bulan hingga 12 bulan. Suku bunga yang ditawarkan maksimum 24%.  

  10. PinjamDuit

Fintech ini memiliki produk pinjaman multiguna tanpa agunan dan akan segera meluncurkan pinjaman dengan agunan. Pinhaman multiguna tanpa agunan diberikan mulai dari Rp 532 ribu hingga Rp 2.280.000 dengan bunga per hari 0,8%. 

Sementara pinjaman dengan agunan yang akan diluncurkan diberikan untuk plafon Rp 100 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor hingga 12 bulan. Suku bunga yang diberikan akan berkisar 2,5% hingga 3% per bulan dengan biaya admin dan provisi 3% hingga 3,5%. 

Penyumbang Bahan: Amartya Kejora

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait