KPK Sebut Dua Kasus Jadi Sorotan Jokowi, Salah Satunya Petral

Ameidyo Daud Nasution
12 November 2019, 15:05
KPK, Jokowi, Petral, Helikopter AW 101. KPK mengatakan ada dua kasus yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo alias Jokowi karena penyelesaiannya memerlukan waktu. Keduanya adalah pengadaan Helikoper AW 101 dan dugaan suap perdagangan minyak mentah ek
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (kanan) hari Selasa (12/11) mengatakan ada dua kasus yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo alias Jokowi karena penyelesaiannya memerlukan waktu. Keduanya adalah pengadaan Helikoper AW 101 dan dugaan suap perdagangan minyak mentah eks Direktur Utama Pertamina Energy Trading Ltd atau Petral.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK mengatakan ada dua kasus yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo alias Jokowi karena penyelesaiannya memerlukan waktu. Keduanya adalah pengadaan Helikoper AW 101 dan dugaan suap perdagangan minyak mentah eks Direktur Utama Pertamina Energy Trading Ltd atau Petral.

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief mengatakan hal tersebut sebagai respons pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD hari Senin (11/11) malam. Mahfud sempat mengatakan ada kasus yang dilaporkan Jokowi ke KPK namun belum juga terungkap.

Advertisement

Syarief mengatakan Kasus ini sulit diselesaikan karena rumitnya perkara dan kesulitan komisi antirasuah mendapat bukti. Dia mengatakan kasus Helikopter AW 101 masih menunggu audit hasil kerugian negara oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dia juga berharap Jokowi dan Mahfud memberi dukungan atas penyelesaian kasus ini. “Karena sebenarnya tidak susah kalau ada kemauan TNI dan BPK,” kata Syarief di Jakarta, Selasa (12/11).

(Baca: KPK Tetapkan Mantan Bos Petral Sebagai Tersangka Suap Migas)

KPK juga hanya menangani satu orang tersangka dari swasta yakni Direktur PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kurnia. Sedangkan lima tersangka lainnya ditangani oleh POM TNI karena merupakan perwira tentara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement