Kepada Jokowi, Zulkifli Hasan Jelaskan Amendemen Dilakukan Terbatas

Ameidyo Daud Nasution
14 Oktober 2019, 18:52
Jokowi, Amendemen UUD, MPR.
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan (kiri) bertemu Presiden Joko Widodo (kanan) di Istana Merdeka, Senin (14/10). Zulkifli menjelaskan Jokowi amendemen Undang-undang Dasar (UUD) 1945 hanya akan dilakukan terbatas.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memastikan amendemen Undang-undang Dasar (UUD) 1945 hanya akan dilakukan terbatas. Pernyataan tersebut disampaikan Zulkifli saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10).

Dalam pertemuan, Jokowi sempat menanyakan hal itu kepada Zulkifli karena dia menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Zulkifli menjelaskan amendemen UUD nantinya lebih bersifat ideologis dan tak menyentuh teknis mekanisme pemilihan Presiden.

“Saya bilang (ke Presiden) amendemen terbatas,” kata Zulkifli.

(Baca: Ketum PAN Temui Jokowi di Istana, Bahas Koalisi dan Amendemen UUD )

Selain itu amendemen tak akan menjadikan Presiden sebagai mandataris MPR. Perubahan UUD 1945 hanya dilakukan agar arah pembangunan tidak berubah. "Misalnya bupati gubernur ada arahnya. Arah yang jelas,” kata Zulkifli.

Wacana amendemen UUD 1945 secara menyeluruh digaungkan oleh NasDem. Bahkan, partai besutan Surya Paloh itu mengajak Gerindra untuk mendukung wacana perubahan UUD 1945.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...