Jelang Reshuffle Kabinet, Jokowi: Yang Baru Harus Lebih Baik

Rizky Alika
22 Desember 2020, 14:44
reshuffle, jokowi, kabinet
Katadata
Unggahan Presiden Joko Widodo di akun Instagram pada Selasa (22/12). Istana mengatakan Jokowi kemungkinan akan memperkenalkan calon Menteri baru pada hari ini.

Istana telah menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo kemungkinan mengenalkan calon menteri pada hari ini. Menjelang pengumuman, Jokowi mengunggah twit dan foto pada akun Twitter dan Instagram.

Unggahan tersebut disertai dengan foto rel kereta api dengan latar belakang sinar mentari. Tak hanya itu, foto tersebut disertai tulisan "Yang baru...harus lebih baik!".

Advertisement

Dalam caption foto tersebut, Jokowi menuliskan tentang persiapannya dalam menghadapi masa depan. Namun belum terang betul apakah unggahan tersebut berkaitan dengan calon menteri atau tidak.

"Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru," tulis Jokowi, Selasa (22/12).

Sebelumnya, Istana memberikan sinyal kocok ulang Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Hal ini setelah Jokowi berencana memanggil calon Menteri pada Selasa (22/12).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan hal tersebut. Meski belum menyebut kepastian waktu, Heru mengatakan calon Menteri kemungkinan diperkenalkan oleh Presiden hari ini.

“Tapi (apakah) pagi, siang, sore, tergantung Bapak Presiden,” kata Heru dalam pesan singkat kepada Katadata.co.id, Senin (21/12).

Meski demikian, Heru belum bisa memastikan apakah pelantikan menteri baru akan dilakukan dalam waktu dekat. “Belum tahu, tahun baru kan masih 8 hari lagi,” kata mantan Wali Kota Jakarta Utara tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, Presiden sudah menggodok rencana perombakan kabinet dalam 2-3 pekan terakhir ini. Jika tidak ada aral melintang, reshuffle akan diumumkan pekan ini. “Mungkin pada awal pekan,’ kata seorang sumber yang mengetahui proses tersebut, Sabtu (19/12).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement