Jokowi Tunjuk Dirut BTN Jadi Wamen BUMN dan Dante Jabat Wakil Menkes

Ameidyo Daud Nasution
23 Desember 2020, 08:42
wakil menteri, kabinet, jokowi
ANTARA FOTO/Setpres/Laily Rachev/handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin (keempat kanan) mengumumkan enam orang calon menteri baru di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Jokowi rencananya akan melantik Menteri dan Wakil MEnteri baru hari Rabu (23/12).

Presiden Joko Widodo akan melantik anggota baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan pada hari Rabu (23/12). Selain enam menteri baru yang telah diumumkan Selasa kemarin (22/12), ternyata Jokowi juga sudah memilih dan akan melantik beberapa wakil menteri pada hari ini.

Pelantikan enam menteri baru dan wakil menteri tersebut akan dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/12) pukul 09.30 WIB.  Pihak istana sudah membenarkan setidaknya tiga nama calon wakil menteri yang akan dilantik tersebut.

Advertisement

Mereka adalah Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansyuri, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad herindra, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono.

“Wamen BUMN Pahala, Wamen Pertahanan Herindra, dan Wamen Kesehatan Dante,” kata Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono kepada Katadata.co.id, Rabu pagi (23/12).

Selain ketiga calon wamen tersebut, sebenarnya beredar pula beberapa nama calon wakil menteri lainnya. Mereka adalah Edward Komar Sharief Hiariez yang disebut-sebut akan menjadi Wakil Menteri Hukum dan HAM, Abdul Mu'ti yang disebut menjadi Wakil Menteri Pendidikan, Harfiq dan Hasbul Qolbi.

Selain enam menteri dan beberapa wakil menteri, Presiden juga akan melantik dua pejabat negara yaitu Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Petrus Reinhard Golose dan Kepala Badan Restorasi Gambut Hartono Prawiraatmadja.

Pahala saat ini masih menjabat sebagai Direktur Utama PT BTN Tbk, Muhammad Herindra adalah Kepala Staf Umum TNI. Sedangkan Harfiq Hasnul Qolbi merupakan Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement