Nama-nama yang Dikabarkan Masuk Kabinet saat Reshuffle

Ameidyo Daud Nasution
21 April 2021, 16:35
reshuffle, kabinet, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Suasana rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020). Jokowi diperkirakan akan merombak Kabinet usai perubahan nomenklatur Kementerian.

Wacana kocok ulang alias reshuffle Kabinet Indonesia Maju kian dekat seiring perubahan nomenklatur kementerian. Bersamaan dengan itu, berseliweran pula nama yang dikabarkan calon menteri baru hingga nasib para pembantu Presiden Joko Widodo.

Nama-nama tersebut terdiri dari para Menteri yang masih menjabat hingga sejumlah tokoh dari luar yang dikabarkan berpeluang masuk Kabinet. Lalu siapa saja nama-namanya ?

1. Bahlil Lahadalia

Dari informasi yang beredar, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia kemungkinan besar akan menjabat sebagai Menteri Investasi. Perubahan ini seiring perubahan nomenklatur BKPM menjadi Kementerian Investasi.

Saat ini Kementerian Sekretariat Negara masih menyiapkan Peraturan Presiden tentang perubahan nomenklatur. Usai Perpres ditandatangani akan ada pengumuman kementerian baru ini.

2. Nadiem Makarim

Mantan bos Gojek ini tetap akan menjabat sebagai Mendikbud dengan fungsi tambahan bidang Ristek. Nadiem semalam bahkan bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Meski membahas program Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila, kelanjutan posisi mantan bos Gojek itu menjadi spekulasi.

PDIP juga memberikan sinyal akan pasang badan pada posisi Mendikbud. Partai banteng bahkan menduga ada pihak yang mengincar kursi Mendikbud. "Nadiem sebagai menteri menerjemahkan pembangunan sumber daya manusia yang merupakan program pemerintahan Jokowi dengan Merdeka Belajar yang sedang on going," kata politisi PDIP Andreas Hugo Pareira kepada Katadata.co.id, Rabu (21/4).

3. Bambang Brodjonegoro

Di posisi Menristek, Bambang Brodjonegoro rencananya akan diplot menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Bambang juga disebut-sebut akan mendapat kepercayaan sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota.

Meski demikian, belum jelas apakah mantan Menkeu tersebut berpindah jabatan. Hingga jelang akhir pekan lalu, Bambang juga enggan berkomentar mengenai hal ini. “No comment,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...