Pasar Tanah Abang Membeludak, Anies Ubah Jadwal KRL dan Lalu Lintas

Ameidyo Daud Nasution
2 Mei 2021, 16:34
anies baswedan, jakarta, tanah abang, kereta, covid-19
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). Gubernur DKI Anies mengambil langkah pembatasan transportasi hingga bukua tutup pasar demi mencegah kerumunan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun tangan mengatasi membeludaknya pengunjung Pasar Tanah Abang dalam dua hari terakhir ini. Beberapa kebijakan diambil agar masyarakat tak berkerumun di pasar sehingga berisiko menularkan Covid-19.

Salah satunya adalah meminta operator kereta Jabodetabek yakni PT Kereta Commuter Indonesia tidak berhenti di Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00 sampai 19.00 WIB. Sebab, ribuan warga kerap pulang dari pasar pada sore hari.

Dari 87 ribu pengunjung Pasar Tanah Abang, sebanyak 45 ribu menggunakan moda kereta api. Sebagai alternatif, baik pengunjung maupun pedagang pasar bisa menggunakan bus TransJakarta yang beroperasi dari Jatibaru menuju berbagai stasiun.

“Akan ada perubahan jadwal KCI yang melintasi Stasiun Tanah Abang,” kata Anies dalam siaran Kompas TV, Minggu (2/5).

Langkah berikutnya, melarang pedagang yang berjualan di luar kawasan pasar. Ini lantaran banyak pedagang di pasar menitipkan barang jualannya untuk dijual di lapak yang ada di luar pasar.

Selain itu, Pemprov akan merekayasa lalu lintas dan mengatur jumlah pengunjung yang masuk ke Pasar Tanah Abang. Apabila pasar dalam kondisi penuh, petugas akan menutup jalan serta pintu masuk pasar. “Jadi buka tutup pintu pasar,” kata Anies.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...