Urgensi Edukasi Corona Kepada Tokoh Agama Usai Jemaah Bermasker Diusir

Rizky Alika
3 Mei 2021, 20:59
covid-19, agama, takmir, masjid, bekasi
ANTARA FOTO/Ardiansyah/wsj.
Umat Islam melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid Agung Al-Furqon, Bandar Lampung, Lampung, Jumat (16/4/2021). Ahli wabah mendesak pemerintah melakukan edukasi bahaya corona kepada tokoh agama agar kejadian pengusiran jemaah bermasker di sebuah masjid di Bekasi, Minggu (2/5).

Larangan penggunaan masker oleh seorang takmir di salah satu tempat peribadatan di Bekasi, Jawa Barat menjadi ramai hari ini dan viral di media sosial. Dalam sebuah video yang beredar, seorang  jemaah bermasker berselisih dengan pengurus masjid lantaran diminta melepas masker yang dipakai.

Sang pengurus masjid bersikeras tempat ibadah bukan pasar yang perlu mengenakan masker. Sementara, jamaah tersebut tetap berkukuh untuk mengenakan masker sesuai aturan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19.

Menanggapi hal tersebut ahli epidemiologi meminta pemerintah lebih gencar menggandeng tokoh agama agar penerapan protokol kesehatan berjalan efektif. Pemuka agama dalam hal ini harus diberikan pemahaman terkait gejala dan bahaya Covid-19. 

"Harus ada partisipasi aktif dan kolaborasi pemerintah dengan tokoh agama, jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan," kata pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga Laura Navika Yamani kepada Katadata.co.id, Senin (3/5).

Selain itu pemuka agama atau pengurus tempat peribadatan seperti takmir masjid perlu diberikan pemahaman terkait gajala Covid-19. Dengan demikian, mereka bisa memastikan jamaah masjid tidak memiliki gejala virus corona.

Tak hanya itu, penting untuk menyampaikan protokol kesehatan secara santun. "Bila ada warga yang menunjukkan gejala Covid-19, diminta pulang," ujar dia.

Selain edukasi, Laura juga memintah memantau penerapan protokol kesehatan di tempat ibadah. Ini agar jemaah juga tertib menjalankan protokol kesehatan saat beribadah. "Paling tidak masyarakat tahu mana warga yang sakit dan yang tidak," ujarnya.

Peran para pemuka agama dalam penanganan corona masih dianggap vital oleh masyarakat.  Dari survei Kesediaan Divaksinasi Covid-19 Katadata Insight Center,  pemuka agama, bersama pemerintah dan orang tua menjadi rujukan kepatuhan masyarakat tertinggi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...