Kasus Suap Tanjungbalai, KPK Panggil Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

Rizky Alika
7 Mei 2021, 12:02
kpk, dpr, korupsi, suap, azis syamsuddin
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (kanan) berbincang dengan pejabat baru Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR M Nurdin (kiri) usai pelantikan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/7/2020). KPK panggil Azis untuk diperiksa kasus dugaan suap penyidik KPK pada Jumat (7/5).

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin pada Jumat (7/5). Azis akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait penanganan perkara Wali Kota Tanjungbalai M. Syahrial yang turut menyeret penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

Selain itu, KPK juga memanggil saksi lainnya, yaitu ketua lingkungan Abdul Rahim Sirait alias Tajam dan PNS bernama Waris. Keduanya diperiksa sebagai saksi dari Stepanus Robin Pattuju.

Advertisement

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka SRP (Stepanus Robin Pattuju)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (7/5).

Kemudian, KPK juga memeriksa Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tanjungbalai Yusmada dan PNS/Protokoler Darwansyah Merta Wijaya sebagai saksi M. Syahrial.

Saat ini, Azis tengah dicegah untuk bepergian ke luar negeri mulai 27 April 2021 hingga selama 6 bulan ke depan. KPK pun mengajukan surat pelarangan berpergian tersebut ke Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada Selasa (27/4). 

Sebelumnya, lembaga antikorupsi itu telah menggeledah rumah dinas dan kantor Azis di DPR. Kemudian, KPK mengantongi barang bukti berbentuk dokumen yang tekait dengan perkara. Adapun, Stepanus Robin Pattuju telah ditetapkan menjadi tersangka lantaran berusaha memeras Wali Kota Tanjungbalai Syahrial. Keduanya telah ditahan mulai Kamis (22/4) lalu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement