Tepis Keraguan Para Ekonom, Jokowi Yakin Ekonomi Kuartal II Tumbuh 7%

Rizky Alika
20 Mei 2021, 18:07
jokowi, pertumbuhan ekonomi, ekonom, makro
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato secara virtual dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Ancol, Jakarta, Selasa (9/2/2021). Jokowi tetap optimis ekonomi RI triwulan 2 capai 7 persen meski diragukan pakar.

Presiden Joko Widodo tetap optimis pertumbuhan ekonomi Indoesia pada kuartal II 2021 bisa mencapai 7%. Ia juga mengakui target tersebut diragukan oleh para ekonom lantaran ekonomi triwulan I masih minus 0,74%.

Jokowi menyampaikan keyakinannya ini lantaran dirinya telah mengantongi data perhitungan pertumbuhan kuartal II. Selain itu pemerintah juga akan menggenjot belanja demi mencapai target tersebut.

"Ekonom banyak sampaikan, (pertumbuhan ekonomi dari) minus 0,74% kok lompat jadi 7%," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Rabu (20/5).

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga mengingatkan kepala daerah untuk mempercepat serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal ini dilakukan untuk menggerakkan perekonomian regional dan nasional. "Tolong provinsi, kabupaten, kota percepat belanja untuk gerakan ekonomi," katanya.

Di sisi lain, target pertumbuhan ekonomi tidak akan tercapai apabila angka penularan Covid-19 masih tinggi. Tak hanya itu, angka kesembuhan yang rendah hingga tingkat okupansi rumah sakit yang meningkat akan berpengaruh terhadap capaian pertumbuhan ekonomi.

"Ini menyangkut psikologis. Begitu Covid-19 masih menanjak, jangan berharap angka (7 persen) itu," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...