Prabowo Akan Jelaskan Anggaran Jumbo Alutsista Rp 1.750 Triliun ke DPR

Ameidyo Daud Nasution
2 Juni 2021, 14:12
prabowo, alutsista, tni, dpr
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menhan Prabowo Subianto (kiri) bersama Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A Taufiq R (tengah) dan Menlu Retno Marsudi menyapa wartawan seusai konferensi pers terkait kasus Natuna di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Prabowo menghadiri rapat kerja dengan DPR pada Rabu (1/6) untuk membahas rencana pertahanan RI.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan menjelaskan rencana strategis pemerintah bidang pertahanan dan keamanan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Rabu (1/6). Salah satu yang akan dijelaskan adalah isi Peraturan Presiden tentang Alat Pertahanan dan Keamanan (Alpahankam) Kementerian Pertahanan dan TNI yang ramai belakangan ini.

Rapat Prabowo dengan Komisi I digelar secara tertutup mulai pukul 10.00 WIB. Dalam rapat tersebut akan hadir pula Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto serta tiga pimpinan matra TNI.

Meski demikian, Prabowo enggan menjelaskan poin detail penjelasannya kepada awak media. “Nanti DPR yang akan tanya saya, bukan kamu (media),” kata Prabowo, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (1/6).

 Sedangkan DPR telah sepakat rapat hari ini akan digelar tertutup. Ketua Komisi I Meutya Hafid menjelaskan hal ini lantaran rapat akan membahas hal strategis seperti pembelian alat utama sistem persenjataan dan sistem pertahanan negara.

 Dalam rancangan Perpres tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyiapkan anggaran belanja alat utama sistem pertahanan (alutsista) senilai US$ 124,9 miliar atau setara Rp 1.750 triliun hingga 2024 mendatang.

Pembiayaan pengadaan peralatan tersebut akan dilakukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta pinjaman luar negeri. Anggaran tersebut terdiri dari US$ 79 miliar untuk pengadaan senjata, pembayaran bunga US$ 13,3 miliar, dan dana pemeliharaan US$ 32,2 miliar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...