Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, Anies Perpanjang PPKM Mikro

Ameidyo Daud Nasution
15 Juni 2021, 13:17
covid, jakarta, anies, ppkm mikro
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 diberangkatkan menggunakan bus sekolah untuk dirujuk ke sejumlah lokasi penanganan Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu, (12/6/2021). Pemprov DKI memperpanjang PPKM Mikro sampai 28 Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro sampai 28 Juni 2021. Hal tersebut lantaran kasus aktif Covid-19 melonjak usai lebaran.

Kebijakan tersebut diputuskan melalui Keputusan Gubernur Nomor 759 Tahun 2021 dan Instruksi Gubernur Nomor 39 Tahun 2021. Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan selama dua pekan, lonjakan kasus Covid-19 terjadi di Jakarta.

“Per 14 Juni kasus aktif mencapai 19.096 atau naik 9.000 kasus,” kata Widyastuti, Selasa (15/6) dikutip dari Antara.

Hal yang mengkhawatirkannya adalah keberadaan varian Delta yang sudah mengalami transmisi. Varian Delta bersama Beta disebut Widyastuti merepotkan karena mudah menyebar dan bisa membuat gejala menjadi berat.

“Meskipun seluruh varian bisa diantisipasi dengan vaksin, tetapi harus kita waspadai bersama,” katanya.

Sedangkan Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan antisipasi jangka pendek dengan menambah tempat tidur isolasi. Ini lantaran hingga Senin (14/6) angka rasio keterisian tempat tidur (BOR) telah mencapai 78 persen.

“Dari 78 persen, sebanyak 25 persen merupakan warga luar DKI,” ujar Widyastuti.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...