Kasus Covid-19 Melonjak, Polisi Tutup Akses 10 Lokasi di Jakarta

Pembatasan di sejumlah titik Jakarta dilakukan mulai 21.00 WIB sampai 04.00 WIB. kesepuluh daerah di antaranya kawasan Kemang, Gunawarman, hingga PIK.
Ameidyo Daud Nasution
21 Juni 2021, 13:51
Jakarta, covid, polisi, 3m, 10 lokasi
ANTARA FOTO/ Reno Esnir/hp.
Suasana malam jalan yang terlihat sepi di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (12/5/2021) malam. Polda Metro Jaya akan menutup akses menuju 10 kawasan di Jakarta demi mencegah penularan Covid-19.

Kepolisian Daerah Metro Jaya memberlakukan pembatasan mobilitas ke 10 lokasi yang ada di Jakarta. Hal tersebut bagian dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro untuk menekan kasus Covid-19.

Kesepuluh daerah yang dibatasi adalah kawasan Jalan Kemang, Bulungan, Gunawarman, dan Suryo di Jakarta Selatan. Selanjutnya Jalan Cikini Raya, Sabang, Asia Afrika di Jakarta Pusat.

Di Jakarta Timur, titik pembatasan berada di Banjir Kanal Timur. Sedangkan wilayah yang disekat di Jakarta Barat adalah kawasan Kota Tua. Terakhir, wilayah Jakarta Utara dengan pembatasan mobilitas masyarakat adalah Boulevard Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk.

 

Advertisement

Dikutip dari Antara, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pembatasan dilakukan mulai 21.00 WIB sampai 04.00 WIB dengan cara mengalihkan lalu lintas. Sedangkan pembatasan dikecualikan bagi pengendara yang merupakan penghuni kawasan tersebut, menuju apotek dan rumah sakit, ambulans, tamu hotel, serta layanan darurat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperkuat peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan membatasi jam operasional mal hingga pukul 20.00 dan menutup fasilitas umum di zona merah.  Langkah ini diambil guna memutus penularan Kasus Covid-19 yang tengah meningkat dalam beberapa hari terakhir.

  Pembatasan ini diberlakukan mulai Selasa (22/6) hingga dua pekan mendatang. "Penebalan atau penguatan PPKM Mikro arahan Presiden untuk melakukan penyesuaian. Jadi berlaku 22 Juni-5 Juli," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Senin (21/6).

Pemerintah mencatat kasus Covid-19 bertambah 13.737 pada Minggu (20/6) sehingga total konfirmasi mencapai 1.989.909. DKI Jakarta kembali mencetak rekor baru kasus harian sebanyak 5.582 kasus menjadi penyumbang terbesar.

Kasus baru Covid-19 terus menanjak dalam dua pekan terakhir. Pada Jumat (18/6), tingkat keterisian ruang rawat Covid-19 di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba  bahkan telah mencapai 93,06% dari total kapasitas ruang rawat pasien virus corona. RSCM memiliki kapasitas 173 tempat tidur, sedangkan jumlah pasien yang dirawat 161. 

 

Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait