Vaksinasi Efektif Lindungi Tenaga Kesehatan Terpapar Covid-19

Dicky Christanto W.D
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
26 Juni 2021, 07:57
Foto ilustrasi dari melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kudus yang seminggu setelah Lebaran.
KC PEN
Foto ilustrasi dari melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kudus yang seminggu setelah Lebaran.

Jakarta- Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa kondisi tenaga Kesehatan di Kudus, Jawa Tengah, yang sempat terpapar Covid-19 akibat menangani pasien yang berasal dari lonjakan kasus baru di berbagai fasilitas Kesehatan kini telah berangsur pulih.

Bahkan para tenaga Kesehatan yang menjalani isolasi mandiri telah mulai masuk bekerja dan kembali melayani masyarakat sejak Jumat (18/6).

“Tentunya hal ini menggembirakan karena laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus pada 12 Juni lalu menyebutkan ada 308 tenaga Kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar juru bicara pemerintah untuk Covid-19 dan duta adaptasi kebiasaan baru dr. Reisa Kartikasari Broto Asmoro.

Reisa menambahkan, Dinas Kesehatan Kudus menyatakan bahwa hampir 100 persen tenaga Kesehatan di Kudus yang berjumlah sekitar 6000 orang telah menerima dosis lengkap vaksinasi Covid-19.

Di saat bersamaan, pihak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono hadi juga menyampaikan bahwa dari 150 tenaga Kesehatan mereka yang terpapar, hanya Sebagian kecil yang dirawat inap, sementara sisanya melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

“Saat ini hampir setengah dari mereka juga telah dinyatakan sembuh,” ujar Reisa.

Ia menyebutkan bahwa hal ini membuktikan bahwa vaksinasi Covid-19 terhadap para tenaga Kesehatan itu telah secara efektif mengurangi gejala kesakitan dan resiko kematian.

Hingga 17 Juni, tenaga Kesehatan dan tenaga penunjang Kesehatan di Kudus yang telah divaksinasi dosis pertama berjumlah 6.085 orang dan yang telah mendapatkan dosis kedua sebanyak 5.888 orang.

Saat ini, Reisa menambahkan, Kementerian Kesehatan telah mengalokasikan 50 ribu dosis vaksin Covid-19 guna mempercepat cakupan vaksinasi di kabupaten yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...