Hadiri HUT Bhayangkara, Jokowi Ingatkan Polri Junjung Tinggi HAM

Jokowi juga mengapresiasi aparat kepolisian yang ikut serta dalam penanganan wabah Covid-19
Image title
1 Juli 2021, 12:29
jokowi, hut bhayangkara, polisi, polri
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3). Jokowi dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-75, Kamis (1/7) mengingatkan Polri tetap menjunjung tinggi HAM

Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan ke-75 Hari Bhayangkara yang jatuh pada Kamis (1/7). Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan Polri untuk menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

Menurutnya, kewenangan Polri untuk melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, dan penyitaan harus dilakukan secara bijak dan bertanggung jawab. Selain itu, Polri juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, berwajah ramah, dan bersifat melayani masyarakat luas.

"Ingat bahwa negara kita adalah negara Pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/7).

 

Advertisement

Meski demikian Kepala Negara mengingatkan Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya. "Harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan dan menjunjung tinggi norma martabat masyarakat," ujar dia.

Untuk itu, pengembangan sumber daya manusia Polri harus diperhatikan secara serius. Proses rekrutmen, pendidikan, dan promosi juga harus dilakukan secara transparan dan akuntabel serta sesuai dengan tugas kepolisian.

Selain itu polisi juga harus bisa menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks. Caranya dengan terus membenahi kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, kebijakan penganggaran serta monitor dan evaluasi.

"Dengan manfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern," kata Jokowi.

 

Meski begitu, Jokowi meminta Polri tidak lengah dalam menjalankan tugas pokoknya, yaitu menjaga keamanan, ketertiban, dan melakukan penegakan hukum.  Polri diharapkan tetap memberikan perlindungan kepada masyarakat dan menguasai teknologi agar tak kalah dengan pelaku kejahatan.

"Penggunaan kewenangan Polri harus juga didukung perkembangan teknologi mutakhir," katanya.

Dalam kesempatan itu, Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta Polri untuk terus aktif dalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Selama ini, jajaran Polri telah bersinergi dengan TNI, dokter, tenaga kesehatan, pemerintah daerah, dan kementerian/lembaga terkait.

"Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi Covid-19," ujar Jokowi.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait