GoTo Gandeng Samator dan Kadin Bikin Rumah Oksigen Pasien Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
19 Juli 2021, 08:41
goto, rumah oksigen ogotong royong, samator group, covid-19, kadin, samator
Katadata
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Komisaris Tokopedia Wishnutama, CEO GoTo Andre Soelistyo, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid saat meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong, Jakarta, Minggu (18/7). Foto: GoTo Group

Upaya menyediakan oksigen demi perawatan pasien Covid-19 dilakukan berbagai pihak. Salah satunya adalah grup teknologi raksasa yakni GoTo yang bersama-sama Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group) menginisiasi fasilitas bernama Rumah Oksigen Gotong Royong.

Rumah oksigen ini merupakan fasilitas kesehatan semi permanen yang dilengkapi alat suplai oksigen dan tempat tidur bagi warga yang terpapar Covid-19 bergejala sedang. Fasilitas ini didirikan di sebelah kawasan pabrik Samator Group yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan fasilitas ini dibangun untuk mengurangi hambatan distribusi oksigen yang terkendala jarak dan dan sarana prasarana. Pasien akan mendapatkan akses mudah suplai oksigen, tempat tidur perawatan, serta fasilitas rumah sakit terdekat.

“Ini merupakan solusi di tengah terbatasnya pasokan oksigen dan sulitnya mendapatkan tabung oksigen saat ini,” kata Andre dalam keterangan tertulis yang diterima Minggu (18/7).

President Director PT Aneka Gas Industri Tbk Rachmat Harsono mengatakan pihaknya akan menyalurkan oksigen pipa non stop untuk memenuhi pasokan Rumah Oksigen Gotong Royong. Tak hanya di Jakarta, fasilitas serupa juga akan dibangun di wilayah lainnya.

“Bapak Menteri Perindustrian mendorong pabrik-pabrik baja yang memiliki pabrik independen oksigen agar berbuat hal yang sama,” kata Rachmat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...