Jokowi Sebut Stok Beras Bulog untuk PPKM Aman, Capai 1,37 Juta Ton

Penyaluran bantuan beras PPKM 2021 dilakukan mulai Minggu (18/7) di seluruh Indonesia
Image title
21 Juli 2021, 16:22
beras, Jokowi, bulog, ppkm
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau Gudang Bulog, jakarta, Rabu (21/7). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo memastikan stok beras Perum Bulog saat ini masih cukup. Hingga Rabu (21/7), stok beras di gudang perusahan pelat merah itu mencapai 1,37 juta ton.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan pasokan beras saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih aman.  "Saya ingin memastikan bahwa stok nasional untuk beras cukup," kata Jokowi di Gudang Bulog, Jakarta Utara, Rabu (21/7).

 

Dalam kesempatan itu, Mantan Wali Kota Solo itu juga mengontrol kesiapan bantuan beras yang akan disalurkan ke masyarakat. Penyaluran bantuan beras pun sudah dilakukan sejak pekan lalu di seluruh provinsi.

Advertisement

"Ini sudah dimulai dan akan terus berjalan," ujar dia. Presiden berharap bantuan beras itu akan membantu masyarakat di tengah pembatasan.

Sebagaimana diketahui, penyaluran bantuan beras PPKM 2021 dilakukan mulai Minggu (18/7) di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan seiring dengan penyerahan data dari Kementerian Sosial pada hari Jumat (16/7).

Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan, tambahan bantuan beras PPKM ini akan kami kirimkan kepada 10 juta KPM Bantuan Sosial Tunai dan 10 juta KPM Program Keluarga Harapan.

"Masing-masing KPM nanti akan mendapat tambahan bantuan beras sebanyak 10 kilogram," kata Budi di Jakarta, Minggu (18/7).

Mereka juga menyiapkan beras sebanyak 200 ribu ton untuk tambahan Bantuan Beras PPKM. Hal ini dilakukan sesuai hasil Rapat Internal bersama Presiden dan sejumlah menteri.

Untuk mendukung penyaluran tersebut, Bulog telah menetapkan ‘quality control management’ serta membentuk tim monitoring yang bertugas memastikan kualitas beras sesuai standar kualitas terbaik. “Dengan adanya tambahan Bantuan Beras PPKM 2021 ini, tidak hanya masyarakat penerima saja yang merasakan manfaatnya, namun juga para petani yang juga merupakan kelompok masyarakat terdampak Covid-19," ujar dia. 

Bantuan Beras PPKM 2021 ini dicairkan seiring PPKM Darurat Jawa-Bali sejak tanggal 3 Juli dan diperpanjang sampai dengan akhir Juli ini. Selain tambahan bantuan beras, pemerintah juga menyalurkan bantuan uang tunai, bantuan potongan tarif listrik, bantuan kartu sembako, bantuan PKH dan Bantuan UMKM.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait