Cair Lagi, Cek Bansos Online di cekbansos.kemensos.go.id

Bantuan sosial sudah mulai dicarikan kembali. Berikut ini cara cek bansos dengan mudah melalui cekbansos.kemensos.go.id
Image title
21 Juli 2021, 16:18
Cair Lagi, Cek Bansos Online di cekbansos.kemensos.go.id
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Pencairan bantuan sosial tunai (BST) yang diterima masyarakat

Sudah saatnya Anda melakukan cek bansos, sebab bantuan sosial dari pemerintah siap untuk dicairkan kembali. Bantuan sosial atau bansos menjadi perhatian khusus pemerintah selama pandemi Covid-19. Karena banyak masyarakat yang terdampak pandemi dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial sudah beberapa kali mengeluarkan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan. Beberapa jenis bantuan yang pernah dikeluarkan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan beberapa jenis bantuan lainnya.

Pada masa PPKM darurat seperti saat ini, pemerintah akan mulai mencairkan bansos lagi pada Juli 2021 dengan sasaran yang berbeda. PKH akan diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat atau KPM, kartu sembako untuk 18,8 juta penerima, BLT Dana Desa kepada 8,8 juta KPM, kartu prakerja ditargetkan untuk 2,8 juta peserta dan bantuan kuota internet kepada pelajar dan tenaga pendidik sebanyak 27,67 juta sasaran.

Cara Cek Bansos dari Kemensos 2021

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial bisa anda cek secara online, sehingga lebih memudahkan semua pihak yang terlibat didalamnya, baik pemerintah maupun masyarakat sebagai calon penerima. Berikut ini cara cek bansos secara online pada tahun ini:

Advertisement
  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id di hp atau perangkat digital lainnya.
  2. Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/keluarahan yang ada di laman tersebut.
  3. Masukkan nama calon penerima sesuai dengan KTP elektornik yang dimiliki.
  4. Masukkan kode chaptcha dengan benar di kolom yang tersedia.
  5. Klik Cari Data.
  6. Jika nama yang anda masukkan terdaftar dalam sistem, maka akan ada pemberitahuan mengenai informasi penerima bansos tersebut seperti nama dan lokasi penerima.

Cara Mencairkan Bantuan Sosial

Setelah melakukan cek bansos Kemensos di laman yang sudah dijelaskan di atas dan nama Anda tercatat sebagai penerima, Anda tinggal menunggu jadwal pencariannya saja. Namun untuk mencairkan bantuan sosail tunai tersebut ada beberapa cara yang harus dipahami oleh penerima.

Pencairan bantuan sosial ternyata berbeda-beda tergantung dari jenis bantuan yang diterima. Sehingga saat anda cek bansos 2021, pastikan ada juga mengetahui jenis bansos apa yang anda terima. Berikut ini cara untuk mencairkan bansos bulan Juli 2021:

Bantuan Sosial Tunai atau BST

Penerima bantuan sosial tunai  akan diberikan santunan sebesari Rp 300 ribu setiap bulannya. Namun untuk mencairkan bantuan tersebut ada syarat yang harus di penuhi, seperti sebagai berikut:

  1. Penerima bantuan telah mendapatkan Surat Pemberitahuan Pencairan BST yang biasanya diberikan oleh pihak desa atau kelurahan setempat.
  2. Mendatangi kantor pos terdekat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jadwal tersebut biasanya tertera dalam surat pemberitahuan yang sudah diterima sebelumnya. Penerima bantuan yang namanya muncul saat cek bansos di laman bansos milik Kemensos, harus datang sendiri alias tidak boleh diwakilkan.
  3. Selain membawa surat pemberitahuan, penerima bansos juga harus membawa KTP dan kartu keluarga.
  4. Tunjukan semua syarat diatas ke petugas dan dana bantuan bisa anda terima.

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai

Selain bantuan dalam bentuk uang tunai, pemerintah juga mengeluarkan bantuan dalam bentuk non tunai. Khusus untuk jenis bantuan ini, pemerintah sudah menyiapkan dana Rp42,37 triliun yang akan dicairkan pada masa PPKM darurat.

Seperti namanya, maka bantuan yang satu ini bisa dicairkan dengan menggunakan akun digital. Saldo yang terdapat di akun tersebut bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok terutama bahan pangan di warung digital atau e-warung yang sudah bekerjasama dengan bank yang telah di tunjuk pemerintah. BPNT ini juga sering disebut sebagai bantuan e-warung.

Bantuan Kartu Prakerja

Program ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi yang kehilangan pekerjaannya atau kepada masyarakat yang belum terserap oleh tenaga kerja. Bantuan ini biasanya terwujud dalam bentuk pelatihan dan insentif yang bisa menambah kemampuan dari penerima program ini.

Pencairan insentif dari program ini akan diberikan ketika peserta telah mengikuti pelatihan dan mengisi survei di laman resmi prakerja. Insentif yang terima akan diberikan melalui Bank BNI. Peserta bisa mengambil langsung di bank tersebut atau bisa juga mentransfer ke rekening pribadi selain BNI.

Berbeda dengan bantuan sosial lainnya, untuk prakerja tidak menggunakan laman cek bansos seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, namun menggunakan laman khusus untuk program ini. Untuk mendapatkan bantuan ini, anda perlu membuat akun terlebih dahulu di laman prakerja secara online. Berikut ini cara untuk membuat akun pada program prakerja:

  1. Buka portal resmi prakerja.go.id.
  2. Klik Buat Akun
  3. Isi data yang dibutuhkan kemudian login.
  4. Ceklis dan klik Buat Akun jika seluruh data yang dimasukkan sudah lengkap dan benar.
  5. Buka email yang telah anda masukkan saat membuat akun untuk melihat konfirmasi pendaftaran.
  6. Buka kembali situs prakerja dan akun anda sudah selesai di buat.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait