Cair Lagi, Cek Bansos Online di cekbansos.kemensos.go.id

Siti Nur Aeni
21 Juli 2021, 16:18
Cair Lagi, Cek Bansos Online di cekbansos.kemensos.go.id
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Pencairan bantuan sosial tunai (BST) yang diterima masyarakat

Sudah saatnya Anda melakukan cek bansos, sebab bantuan sosial dari pemerintah siap untuk dicairkan kembali. Bantuan sosial atau bansos menjadi perhatian khusus pemerintah selama pandemi Covid-19. Karena banyak masyarakat yang terdampak pandemi dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial sudah beberapa kali mengeluarkan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan. Beberapa jenis bantuan yang pernah dikeluarkan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan beberapa jenis bantuan lainnya.

Pada masa PPKM darurat seperti saat ini, pemerintah akan mulai mencairkan bansos lagi pada Juli 2021 dengan sasaran yang berbeda. PKH akan diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat atau KPM, kartu sembako untuk 18,8 juta penerima, BLT Dana Desa kepada 8,8 juta KPM, kartu prakerja ditargetkan untuk 2,8 juta peserta dan bantuan kuota internet kepada pelajar dan tenaga pendidik sebanyak 27,67 juta sasaran.

Cara Cek Bansos dari Kemensos 2021

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial bisa anda cek secara online, sehingga lebih memudahkan semua pihak yang terlibat didalamnya, baik pemerintah maupun masyarakat sebagai calon penerima. Berikut ini cara cek bansos secara online pada tahun ini:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id di hp atau perangkat digital lainnya.
  2. Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/keluarahan yang ada di laman tersebut.
  3. Masukkan nama calon penerima sesuai dengan KTP elektornik yang dimiliki.
  4. Masukkan kode chaptcha dengan benar di kolom yang tersedia.
  5. Klik Cari Data.
  6. Jika nama yang anda masukkan terdaftar dalam sistem, maka akan ada pemberitahuan mengenai informasi penerima bansos tersebut seperti nama dan lokasi penerima.

Cara Mencairkan Bantuan Sosial

Setelah melakukan cek bansos Kemensos di laman yang sudah dijelaskan di atas dan nama Anda tercatat sebagai penerima, Anda tinggal menunggu jadwal pencariannya saja. Namun untuk mencairkan bantuan sosail tunai tersebut ada beberapa cara yang harus dipahami oleh penerima.

Pencairan bantuan sosial ternyata berbeda-beda tergantung dari jenis bantuan yang diterima. Sehingga saat anda cek bansos 2021, pastikan ada juga mengetahui jenis bansos apa yang anda terima. Berikut ini cara untuk mencairkan bansos bulan Juli 2021:

Bantuan Sosial Tunai atau BST

Penerima bantuan sosial tunai  akan diberikan santunan sebesari Rp 300 ribu setiap bulannya. Namun untuk mencairkan bantuan tersebut ada syarat yang harus di penuhi, seperti sebagai berikut:

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...