Jokowi Waspadai Dampak Kebijakan PPKM ke Ekonomi Kuartal III dan IV

Rizky Alika
31 Agustus 2021, 14:59
ppkm, jokowi, ekonomi
ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers tentang perkembangan terkini pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/8/2021). Presiden Joko Widodo memutuskan tetap memperpanjang kebijakan PPKM hingga 6 September 2021 meskipun perkembangan kasus COVID-19 semakin menunjukan tren penurunan. ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan terus berlaku selama pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo pun mewaspadai dampak kebijakan PPKM ke pertumbuhan ekonomi kuartal III dan IV.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi akan terkena dampak dari kebijakan PPKM yang diterapkan pemerintah. Meski begitu, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II lalu berhasil tumbuh sebesar 7,07% secara tahunan.

"Kita tetap waspada pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga dan keempat 2021," kata Jokowi dalam Kongres ISEI XXI dan Seminar Nasional 2021 secara virtual, Selasa (31/8).

Selain pertumbuhan ekonomi, inflasi juga relatif terkendali di 1,5%. Sementara, ekspor Indonesia juga meningkat pada kuartal II lalu sebesar 31,8% secara tahunan. Sedangkan, konsumsi masyarakat pada kuartal II mencapai 5,9%, investasi tumbuh 7,6%, dan indeks kepercayaan pemerintah naik dari 97,6 menjadi 115,6.

Kepala Negara berharap, perekonomian nasional dan global akan segera membaik dalam waktu dekat. Terlebih, Dana Moneter Internasional 9IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun depan meningkat 6% pada dan pada 2022 tumbuh 4,9%.

Jokowi pun menilai, sinyal pemulihan global memang sudah sangat terasa, baik dari aktivitas manufaktur global yang tumbuh positif, ekspor dan impor yang terus menggeliat, hingga harga-harga komoditas yang mengalami peningkatan. Mantan Wali Kota Solo itu juga akan menjaga keseimbangan antara kebijakan gas dan rem pada sektor ekonomi maupun kesehatan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...