Jokowi Targetkan Tanam 34 Ribu Ha Mangrove untuk Serap Emisi Karbon

Rizky Alika
28 September 2021, 15:27
Jokowi, mangrove, lingkungan, karbon
Katadata
Presiden Joko Widodo menanam mangrove di Pantai Wisata Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa, (28/9). . Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon mangrove di Pantai Wisata Raja Kecik, Bengkalis, Riau. Dalam kesempatan itu, Presiden bakal mendorong rehabilitasi bakau lantaran bisa menyimpan karbon 4-5 kali lipat lebih banyak dari hutan tropis daratan.

Selain itu, penanaman mangrove akan meneguhkan komitmen Indonesia terhadap perubahan iklim dunia dan Paris Agreement. Sebagaimana diketahui, RI menargetkan mengurangi gas rumah kaca agar suhu di bumi tidak meningkat lebih dari 1,5%.

"Sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon," kata Jokowi di Bengkalis, Selasa (28/9).

Oleh sebab itu Jokowi menargetkan penanaman mangrove di seluruh Indonesia seluas 34 ribu hektare tahun ini. Dengan keberadaan tanaman tersebut, ia berharap abrasi dapat dikendalikan serta mendukung eco-wisata di daerah. "Juga kami harapkan mendukung ekonomi masyarakat sekitar di kawasan ini," katanya.

Pekan lalu mantan Presiden telah menanam mangrove di Desa Tritih Lor, Cilacap Utara, Kamis (23/9). Mantan Wali Kota Solo itu berharap mengatakan mangrove bisa memperbaiki lingkungan pesisir serta memperbaiki habitat di daerah pantai seperti ikan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...