TNI Pamer Alutsista di Istana, Jokowi: Bentuk Transparansi APBN

Rizky Alika
5 Oktober 2021, 12:35
alutsista, tni, jokowi
Antara
Presiden Joko Widodo saat perayaan HUT TNI di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/10) foto:Antara

Pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) digelar di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (5/10). Presiden Joko Widodo mengatakan, unjuk gigi alat perang itu merupakan bentuk transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebagaimana diketahui, TNI memamerkan 112 alutsista di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Pameran digelar dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI.

"Ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan ini," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10).

 Dengan pameran itu, Jokowi berharap masyarakat mengetahui alutsista yang saat ini dimiliki TNI. Presiden memberikan contoh persenjataan baru yakni 56 buah Astros, roket yang bisa meluncur sejauh 39 kilometer.

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyampaikan bahwa alutsista yang dipamerkan merupakan pembelian yang relatif baru baru. Ia mencontohkan, Astros dibeli pada 2014 lalu dari Brasil. "Jadi kelihatan sekali barangnya masih barang baru semuanya," ujar dia.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...