Presiden Jokowi Resmi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Rizky Alika
13 Oktober 2021, 14:50
megawati, jokowi, BRIN
Antara
Presiden Joko Widodo menyalami Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo telah melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10). Salah satu yang dilantik adalah Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah badan tersebut.

Pelantikan ini sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 45 Tahun 2021 yang berlaku mulai 12 Oktober 2021. Selain Mega, Jokowi juga melantik sejumlah anggota Dewan Pengarah BRIN. 

Advertisement

Dalam pelantikan tersebut, sejumlah Dewan Pengarah hadir secara daring, salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pembacaan sumpah dipimpin Jokowi serta diikuti oleh Dewan Pengarah.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata para Dewan BRIN.

Sebelumnya, Jokowi membubarkan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan memasukkan fungsinya ke dalam Kementerian Pendidikan (Kemendikbud). BRIN, lembaga riset yang sebelumnya melekat pada Kemenristek diubah menjadi badan otonom.

Jokowi juga telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional. Dalam Pasal 5 disebutkan, susunan organisasi BRIN terdiri atas Dewan Pengarah dan Pelaksana.

Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada Kepala dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian. Ketua Dewan Pengarah BRIN secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan pembinaan ideologi Pancasila. 

Adapun, keanggotaan Dewan Pengarah BRIN ialah sebagai berikut:

1. Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement