Presiden Jokowi Resmi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Selain Megawati, posisi Dewan Pengarah BRIN juga diisi oleh Menkeu Sri Mulyani, ekonom senior Emil Salim, hingga pengusaha Sudhamek AWS
Image title
13 Oktober 2021, 14:50
megawati, jokowi, BRIN
Antara
Presiden Joko Widodo menyalami Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo telah melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10). Salah satu yang dilantik adalah Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah badan tersebut.

Pelantikan ini sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 45 Tahun 2021 yang berlaku mulai 12 Oktober 2021. Selain Mega, Jokowi juga melantik sejumlah anggota Dewan Pengarah BRIN. 

Dalam pelantikan tersebut, sejumlah Dewan Pengarah hadir secara daring, salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pembacaan sumpah dipimpin Jokowi serta diikuti oleh Dewan Pengarah.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata para Dewan BRIN.

 

Sebelumnya, Jokowi membubarkan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan memasukkan fungsinya ke dalam Kementerian Pendidikan (Kemendikbud). BRIN, lembaga riset yang sebelumnya melekat pada Kemenristek diubah menjadi badan otonom.

Jokowi juga telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional. Dalam Pasal 5 disebutkan, susunan organisasi BRIN terdiri atas Dewan Pengarah dan Pelaksana.

Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada Kepala dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian. Ketua Dewan Pengarah BRIN secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan pembinaan ideologi Pancasila. 

Adapun, keanggotaan Dewan Pengarah BRIN ialah sebagai berikut:

1. Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai Wakil Ketua

3. Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa sebagai Wakil Ketua

4. Sudhamek Agung Waspodo Sunyoto sebagai Sekretaris

5. Ahli Ekonomi Emil Salim sebagai anggota

6. Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) I Gede Wenten sebagai anggota

7. Pakar Hukum dan Perundangan dari Universitas Gadjah Mada Bambang Kesowo sebagai anggota

8. Guru Besar Universitas Gadjah Mada Adi Utarini sebagai anggota

9. Ahli Informasi Teknologi Marsudi Wahyu Kisworo sebagai anggota

10. Ilmuwan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidroelektrik Tri Mumpuni sebagai anggota

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait