Jokowi Ajak Negara Anggota APEC Investasi di Kawasan Industri Hijau RI

Rizky Alika
12 November 2021, 11:19
jokowi, apec, investasi hijau
Katadata
Presiden Joko Widodo menghadiri APEC Business Advisory Council secara virtual, Kamis (11/1). Foto: Lukas: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation Business Advisory Council (KTT APEC-ABAC) Dialogue with Economic Leaders secara virtual di Istana Negara Jakarta, Kamis (11/11). Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak pelaku usaha dari kawasan Asia Pasifik untuk berinvestasi di kawasan industri hijau Indonesia.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan dihadiri sejumlah pemimpin negara Asia Pasifik. Beberapa yang hadir antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Cina Xi Jinping, serta Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

"Kami mengundang para investor dan pelaku usaha dari kawasan APEC untuk makin banyak bersinergi dan memanfaatkan peluang yang besar di Indonesia,” kata Jokowi, Kamis (11/11).

Jokowi juga menjelaskan sejumlah prioritas yang dilakukan Indonesia terkait penanganan dampak perubahan iklim. Salah satunya dengan memprioritaskan pembangunan kawasan industri hijau.

Nantinya, kawasan industri tersebut akan mencakup rantai pasok mobil listrik, penyediaan baterai mobil listrik, hingga perdagangan karbon. "Potensinya sangat besar di Indonesia," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Selain itu, pemerintah juga menangani dampak perubahan iklim dengan konservasi hutan, kekayaan laut, dan transformasi menuju energi baru terbarukan. Seluruh hal tersebut dilakukan dengan memerhatikan kesejahteraan masyarakat kelompok pendapatan rendah.

Sementara, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, KTT tersebut juga membahas prioritas utama Indonesia setelah pandemi berakhir. Anggota APEC juga membahas upaya penyelesaian vaksinasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi secara cepat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...