Jokowi Harap Tol Serang - Rangkasbitung Mampu Pacu Ekonomi Banten

Rizky Alika
16 November 2021, 11:09
jokowi, tol serang panimbang, jalan tol
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan seksi I Tol Serang-Panimbang, Banten, Selasa (16/11). Foto: Antara

 Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung pada hari ini. Dalam pidatonya, Jokowi berharap, tol tersebut bisa menjadi pengungkit perekonomian Banten, terutama Lebak dan Pandeglang. 

Kemudahan konektivitas menjadi faktor penting untuk mendorong perekonomian daerah. Mantan Wali Kota Solo itu juga berharap adanya jalan tol, harga barang akan lebih murah lantaran bisa terdistribusi dengan baik.

Advertisement

"Akan menjadi pengungkit ekonomi Provinsi Banten, terutama di sekitar jalan tol," kata Jokowi di Jalan Tol Serang-Panimbang, Banten, Selasa (16/11).

Kemudian, jalan tol juga akan memperbaiki jaringan logistik pertanian, perkebunan, dan lainnya. Ini lantaran komoditas tersebut bisa terdistribusi ke konsumen melalui jalan yang lebih mudah.

Kemudian, jalan tol itu juga akan membuka lapangan kerja serta membangun peradaban. "Infrastruktur akan menjadi pondasi kita untuk bersaing dengan negara lain," ujar dia.

Adapun, pembangunan jalan tol akan dilanjutkan pada Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 kilometer (km) dan Cileles-Panimbang 33 km. Ruas jalan tol itu diharapkan tuntas pada akhir 2023.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement