Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe, Bisa Tekan Banjir Hampir 50%

Rizky Alika
23 November 2021, 13:46
Bendungan, Jokowi, banjir
Katadata
Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bendungan Karalloe di Gowa, Sulawesi Selatan. Jokowi mengatakan, bendungan tersebut bisa mengurangi banjir di Jeneponto sebesar 49%.

Jokowi lalu merujuk pada banjir besar yang pernah terjadi di Janeponto dua tahun lalu. Ia berharap kejadian tersebut tak terulang dengan keberadaan Bendungan Karalloe.

"Kita ingat pada 2019 di Jeneponto terjadi banjir besar. Dengan adanya bendungan Karalloe, banjir bisa berkurang 49% banjir yang ada," kata Jokowi di Bendungan Karalloe, Gowa, Selasa (23/11).

Selain itu Bendungan Karalloe dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, air baku, dan irigasi pertanian. Bendungan yang menelan biaya sebesar Rp 1,27 triliun itu juga bisa mengairi 7 ribu hektar lahan pertanian di Jeneponto. 

"Jadi bendungan ada di Kabupaten Gowa, tapi yang dapat manfaat petani di Kabupaten Jeneponto," ujar Jokowi.

Dengan demikian, panen pertanian diharapkan meningkat dari sekali panen padi dan sekali panen palawija per tahun menjadi dua kali panen padi dan sekali panen palawija per tahun. "Sehingga bisa meningkatkan pendapatan kesejahteraaan para petani," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...