RI Tunggu Rekomendasi WHO untuk Tutup Pintu Cegah Varian Baru Covid-19

Sejumlah negara telah memperketat pintu masuknya demi mencegah masuknya B.1.1.529. Pemerintah akan menunggu keputusan WHO terhadap varian baru Covid-19 tersebut
Image title
26 November 2021, 17:46
covid-19, B.1.1.529, virus corona, who
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Varian baru Covid-19 yang bernama B.1.1.529 telah menyebar dari Afrika Selatan hingga Hong Kong. Seiring penyebaran mutasi baru tersebut, sejumlah negara seperti Inggris, Italia, Singapura, Jepang, hingga India telah memperketat pintu masuknya.

Meski demikian, Indonesia belum memberikan sinyal serupa.  Hal ini lantaran Kementerian Kesehatan masih menunggu rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita lihat dulu kategori varian ini sesuai rekomendasi WHO, apakah Variant of Interest atau Variant of Concern," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Jumat (26/11).

 

Advertisement

Sementara itu, pemerintah tetap memperkuat pintu masuk sesuai dengan aturan yang ada saat ini. Namun, Kemenkes tetap memantau perkembangan bahaya varian baru tersebut.

Saat ini, pemerintah telah membuka pintu masuk ke Bali dan Kepulauan Riau bagi wisatawan mancanegara dari 19 negara. Pintu internasional itu belum dibuka untuk Afrika Selatan.

Sementara, ilmuwan Afrika Selatan mengatakan varian yang disebut B.1.1.529 itu memiliki mutasi yang tak normal. Menurut mereka, varian tersebut menjadi perhatian karena dapat menghindari respons imun tubuh serta lebih menular.

Ilmuwan pun tengah bekerja untuk memahami dampak mutasi tersebut. "Meskipun datanya terbatas, para ahli bekerja dengan semua sistem pengawasan yang ada untuk memahami varian baru dan implikasi potensialnya," kata Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) dikutip dari Reuters pada Jumat (26/11).

Penelitian awal menunjukkan varian tersebut telah meningkat pesat di Gauteng, provinsi paling padat penduduk di Afsel. Selain itu, varian baru itu kemungkinan sudah ada di delapan provinsi lainnya.

Tak hanya itu, varian ini juga telah menyebar hingga Botswana dan Hong Kong. Di Hong Kong, kasus ditemukan pada seorang pelancong dari Afrika Selatan.

Sedangkan DPR meminta pemerintah menutup akses masuk warga dari Afrika Selatan dan negara-negara lain yang teridentifikasi terpapar varian baru Covid-19 B.1.1.529. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad Dia berharap Kemenkes segera melakukan penelitian, mencari informasi dan data yang akurat perihal adanya varian virus baru B.1.1.529.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait