Berkah WSBK Mandalika, Okupansi Hotel Melonjak jadi 95%

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 November 2021, 14:06
mandalika, wsbk mandalika, pariwisata
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU
Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (54), pembalap tim Kawasaki Racing WorldSBK Jonathan Rea (1) dan pembalap Aruba.it Racing Ducati Scott Redding (45) memacu motornya saat race 2 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Dalam race 2 tersebut pembalap Jonathan Rea keluar sebagai juara. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU

Ajang World Superbike (WSBK) Mandalika telah selesai dilaksanakan tanggal 11 - 13 November lalu. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan balapan tersebut menciptakan efek yang besar bagi perekonomian Pulau Lombok.

Menurut laporan yang diterimanya, tingkat okupansi hotel di sekitar sirkuit Mandalika mengalami peningkatan signifikan menjelang dan selama ajang WSBK berlangsung. Bahkan kenaikannya mencapai rata-rata 95% dari sebelumnya hanya 15%.

 Selain itu omzet hotel juga mengalami peningkatan 85% selama WSBK.  "Dan yang paling membahagiakan adalah, homestay yang kita bangun sebagai sarana hunian pariwisata dan desa wisata penuh kunjungan dari penggemar superbike dan wisatawan," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (29/11).

Peningkatan okupansi tidak hanya terjadi pada hotel atau akomodasi yang berlangsung di Mandalika saja. Penginapan di luar kawasan Mandalika hingga Senggigi juga mendapatkan berkah.

Permintaan yang cukup tinggi terhadap penyediaan kamar hotel juga membuka peluang kerja bagi pekerja perhotelan yang sempat dirumahkan dikarenakan pandemi.

Selain itu, peningkatan omzet juga didapat oleh para pelaku usaha jasa penyewaan mobil. Sandiaga mengatakan memasuki awal hingga tanggal 23 November kemarin, omzet jasa penyewaan mobil mencapai Rp 70 juta dari sebelumnya Rp 10-15 juta per bulan.

Sandiaga menyebut, tingginya antusiasme masyarakat yang hadir menyaksikan ajang balapan juga meningkatkan perputaran uang di seputar kawasan Mandalika. Hal ini otomatis mampu mengerek Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...