Blusukan Lagi ke Mangrove Bali, Jokowi Ingin Pamer Komitmen RI di G20

Rizky Alika
2 Desember 2021, 14:57
jokowi, mangrove, g20
Katadata
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi hutan Mangrove Kabupaten Badung, Bali, Kamis (2/12). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo kembali meninjau Mangrove Conservation Forest, Bali untuk mempersiapkan pertemuan G20. Jokowi mengatakan, Indonesia akan menunjukan komitmen dalam perubahan iklim ke kelompok negara dengan ekonomi terbesar itu.

Menurutnya, pemerintah serius dalam merestorasi dan merehabilitasi hutan mangrove, hutan gambut, dan lahan kritis di Indonesia. Komitmen tersebut akan ditunjukkan secara konkret dalam pertemuan dengan negara-negara G20.

"Nanti akan kita tunjukkan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam rangka perubahan iklim," kata Jokowi di Mangrove Conservation Forest, Bali, Kamis (2/12).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meninjau hutan dan persemaian mangrove bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. 

Ini adalah kunjungan kedua Presiden ke hutan Mangrove di Bali. Awal Oktober lalu ia blusukan untuk melihat kesiapan hutan untuk ditunjukkan ke para pemimpin G20.

Sebelumnya dalam pidato selebrasi pembukaan Presidensi G20, Jokowi mengatakan RI akan memperkuat solidaritas dunia dalam mengatasi perubahan iklim. Selain itu Presidensi Indonesia akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang.

Kemudian, RI akan berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil. "Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan," kata Jokowi dalam tayangan video, Rabu (1/12) malam.

Pada Presidensi G20, Indonesia juga menggalang komitmen negara maju untuk membantu negara berkembang. "Negara kaya membantu negara miskin. Kebersamaan adalah jawaban atas masa depan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...