Jokowi: Presidensi RI di G20 Bak Perjuangan Bung Karno di Asia Afrika

Rizky Alika
6 Desember 2021, 12:12
jokowi, g20, soekarno, bung karno
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada KTT Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-13 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021).

Indonesia telah resmi memegang Presidensi G20 selama setahun mendatang. Presiden Joko Widodo pun mengatakan, presidensi tersebut akan dimanfaatkan RI untuk memperjuangkan kepentingan negara berkembang.

Jokowi lalu mengibaratkan posisi Indonesia serupa seperti perjuangan Presiden pertama Soekarno dalam merebut kemerdekaan. Tak hanya itu, perjuangan RI hari ini serupa seperti perjuangan proklamator tersebut dalam memimpin negara Asia Afrika.

"Perjuangan ini adalah seperti perjuangan Bung Karno ketika mendukung perjuangan negara-negara jajahan untuk memperoleh kemerdekaan," kata Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Kongres Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI) 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/12).

Bukan tanpa sebab, Indonesia saat ini memimpin negara terkaya untuk membangun dunia yang lebih baik dan berkeadilan untuk masa depan. RI juga akan menunjukkan kepemimpinan di dunia internasional. "Kepemimpinan Indonesia untuk mewarnai arah dunia," ujar Kepala Negara.

Untuk itu, Mantan Wali Kota Solo itu meminta kontribusi alumni GMNI dalam kepemimpinan Indonesia tersebut. Alumni GMNI diharapkan bisa melahirkan pemikiran yang progresif bagi kemajuan bangsa.

"Menguatkan ikatan dan melahirkan gagasan-gagasan untuk menghadapi tantangan global dan merumuskan strategi besar dalam membangun negara yang berkarakter Pancasila," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan Presidensi Indonesia akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. Selain itu, RI akan berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...