Desain Istana di Ibu Kota Baru Rampung, Jokowi Sudah Setuju?

Desain Istana tersebut masih perlu dibahas oleh Mensesneg Pratikno. Ahli menyarankan adanya masukan terhadap rancangan tersebut
Ameidyo Daud Nasution
7 Januari 2022, 20:21
istana, ibu kota baru, pindah ibu kota
Katadata
Desain Istana di Ibu Kota Negara. Foto: Instagram Nyoman Nuarta

Bocoran desain terbaru Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur telah diperlihatkan oleh Nyoman Nuarta. Ia juga mengklaim rancangan tersebut telah mendapatkan persetujuan Presiden Joko Widodo.

Meski demikian Istana mengatakan desain tersebut masih perlu dibahas oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno. Mereka juga membuka kemungkinan mengundang para ahli dan arsitek untuk mengkaji rancangan bangunan itu.

“Nanti akan dibahas oleh Menteri Sekretaris Negara,” kata Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono kepada Katadata.co.id, Kamis (6/1).

 

Advertisement

Sedangkan Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Hendricus Andy Simarmata berharap para ahli bisa terlibat untuk memberikan ulasan sejawat atau peer review. Apalagi proyek ini dibangun untuk keperluan panjang di masa depan.

Tak hanya itu, Andy juga berharap pemerintah memiliki satu kesatuan data yang sama agar perencanaan pembangunan IKN dapat terintegrasi. Sedangkan para ahli akan aktif memberikan masukan dari luar.

“Ada peer review dalam rencana kota dan bangunan sebagai upaya mempertajam (perencanaan),” kata Andy.

PRESIDEN MENINJAU IBU KOTA BARU
PRESIDEN MENINJAU IBU KOTA BARU (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

 

Dalam unggahan di Instagramnya, Nuarta mengaku telah mempresentasikan rancangannya tersebut bersama Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

“Terima kasih atas dukungannya untuk menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial,” kata Nuarta dalam unggahannya, Selasa (4/1).

Sedangkan Pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas)  Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara  (IKN) baru.  Mantan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Danis Sumadilaga ditunjuk menjadi ketuanya.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait