Ramai Bursa Calon Kepala Otorita IKN, KSP Berharap Muncul Nama Baru

Rizky Alika
21 Januari 2022, 18:18
IKN, jokowi, ksp, ibu kota, nusantara
Katadata
Desain Istana Kepresidenan di ibu Kota Baru Negara (IKN). Foto: Tangkapan layar Instagram I Nyoman Nuarta

Sejumlah nama digadang-gadang akan menjadi calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Namun, Kantor Staf Presiden mengatakan Presiden Joko Widodo bisa memunculkan nama baru yang belum pernah muncul di publik.

Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong mengatakan Jokowi masih punya cukup waktu untuk memilih calon Kepala Otorita IKN. Saat ini, Kepala Negara masih mempunyai waktu selama kurang dua bulan sejak Undang-Undang IKN ditetapkan.

"Tentu saja nama-nama lain yang belum pernah muncul, bisa dimunculkan ke publik sehingga Presiden punya banyak pilihan untuk itu," kata Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tutroong dalam keterangan video yang dikutip Jumat (21/1).

Jokowi sempat menyebutkan, calon Kepala Otorita IKN sebaiknya memiliki kriteria pernah memimpin daerah serta berlatar arsitek. Wandy menilai, kriteria tersebut sudah ideal dengan kebutuhan pemindahan ibu kota negara.

"Memang tantangan dalam membangun dan memindahkan ibu kota negara itu kan memang relevan dengan itu," ujar dia. 

Selain itu, calon Kepala IKN juga harus mampu mengelola berbagai tantangan seperti berhubungan dengan masyarakat serta investor. "Karena nanti akan ada porsi pembiayaan dari kerja sama pemerintah dan swasta," kata Wandy.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...