Hadiri Pengukuhan PBNU, Jokowi Sempat Bingung Pakai Sarung atau Celana

Rizky Alika
31 Januari 2022, 12:39
jokowi, pbnu, nahdlatul ulama
Antara
Presiden Joko Widodo saat menghadiri pengukuhan PBNU di Balikpapan, Kaltim, Senin (31/1). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo menghadiri Pengukuhan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Hari Lahir ke-96 Nahdlatul Utama di Balikpapan, Senin (31/1). Kepala Negara tampak menggunakan setelan jas, peci, dan sarung berwarna hijau merah saat hadir pada acara tersebut.

Sarung itu telah dikenakan sejak lepas landas dari Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Namun, Jokowi mengatakan ia sempat bingung untuk menentukan pakaian yang akan dikenakan.

"Tadi malam saya bingung. Saya bertanya ke pak Mensesneg (Pratikno). 'Pak Menteri, besok pakaian apa?'," kata Jokowi di Balikpapan Sport and Convention Center Balikpapan, Senin (31/1).

Pratikno pun menjawab pengurus yang termasuk dalam Tanfidziyah mengenakan celana panjang, sementara Syuriyah menggunakan sarung. Jokowi pun memutuskan untuk mengenakan sarung. "Saya ikut Syuriyah saya, pakai sarung," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berterima kasih atas kiprah NU dalam menjaga Indonesia. Menurutnya, pandangan hubbul waton minal iman hingga NKRI harga mati telah merangkai persatuan dan kesatuan bangsa.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...