Jokowi Blusukan Bagikan Sertifikat Tanah hingga Hutan Sosial di Sumut

Rizky Alika
3 Februari 2022, 13:39
jokowi, sumut, sertifikat
Antara
Presiden Joko Widodo saat menyeberang dari Pelabuhan Ambarita, Samosir menuju Akibata, Kabupaten Toba, Sumut, Kamis (3/2). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara pada Kamis (3/2). Pada kunjungan tersebut, Jokowi akan membagikan sertifikat tanah, Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, dan SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Pembagian SK Hutan Sosial dan SK TORA akan dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sedangkan, pembagian sertifikat tanah dilakukan di Kabupaten Dairi.

"Presiden diagendakan menanam pohon di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja. Tak jauh dari lokasi penanaman pohon, Presiden juga akan membagikan SK Hutan Sosial dan SK TORA," demikian tertulis dalam keterangan pers, Kamis (3/2).

Kunjungan tersebut merupakan hari kedua Jokowi mengunjungi Sumatera Utara. Jokowi menyeberang dari Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir, menuju Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba dengan menumpangi Kapal Motor Penumpang (KMP) Kaldera Toba pada pagi tadi.

Dari Pelabuhan Ajibata, Kepala Negara melanjutkan perjalanan ke Bandara Sibisa, Kabupaten Toba, untuk lepas landas menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju helipad Kantor Bupati Humbang Hasundutan.

Selanjutnya, Jokowi diagendakan menanam pohon serta membagikan SK Hutan Sosial dan SK TORA di Desa Simangulampe. Selepas acara tersebut, Mantan Wali Kota Solo itu akan lepas landas dari helipad Kantor Bupati Humbang Hasundutan menuju helipad Stadion Utama Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Jokowi kemudian akan menuju Lapangan Sudirman untuk menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat. Presiden juga direncanakan untuk membagikan bantuan langsung tunai bagi para pedagang di Pasar Induk Sidikalang sebelum lepas landas menuju Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan, dengan menggunakan helikopter.

Dalam kunjungan itu, sejumlah pejabat yang ikut mendampingi Jokowi meliputi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...