Pidato Di Forum G20, Jokowi Minta Konflik Rusia-Ukraina Dihentikan

Rizky Alika
17 Februari 2022, 11:04
jokowi, g20, ukraina
Dokumentasi Panitia Penyelenggara G20
Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20, Kamis (17/2).

Dunia tengah berupaya memulihkan perekonomian akibat dampak pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo pun meminta negara di dunia untuk menghentikan rivalitas yang mengganggu pemulihan tersebut.

Ia pun menyoroti rivalitas yang membahayakan keselamatan dunia, seperti yang tengah terjadi di Ukraina. Untuk itu, ia meminta seluruh pihak untuk menghentikan ketegangan.

"Dalam situasi seperti ini bukan saatnya untuk rivalitas, bukan saatnya membuat ketegangan baru yang mengganggu pemulihan dunia," kata Jokowi dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20, Kamis (17/2).

 Selain itu, ketidakpastian global harus dihadapi dengan sinergi dan kolaborasi antar negara. Ia mengajak anggota G20 untuk bekerja sama dalam mengendalikan inflasi yang meningkat, mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan, dan kelangkaan kontainer.

Apalagi dunia harus fokus dalam menyelamatkan dan membangkitkan dunia. Kemudian, para negara G20 harus mencegah terjadinya kelaparan. "Kita punya tugas melakukan tranformasi, mempercepat proses transisi menuju ekonomi baru," ujar Mantan Wali Kota Solo itu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...