Jokowi Targetkan 20 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital Tahun Ini

Rizky Alika
28 Maret 2022, 13:47
jokowi, umkm, digital
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sela peresmian gedung Nasdem Tower di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Pemerintah terus mendorong daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Presiden Joko Widodo pun mencanangkan target jumlah UMKM masuk ekosistem digital pada tahun ini.

"Tahun 2022 ini harus mencapai target 20 juta, minimal 20 juta," kata Jokowi dalam Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM, Senin (28/3).

Setelah itu, jumlah UMKM yang masuk ke platform digital pada 2023 diharapkan meningkat jadi 24 juta dan 30 juta pada 2024. Kepala Negara juga meminta jajarannya meningkatkan jumlah koperasi modern berbasis digital dari 250 tahun ini menjadi 400 tahun depan. "Nantinya 500 koperasi di tahun 2024," ujar dia.

Kemudian, target 1 juta UMKM untuk masuk pada e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) harus tercapai pada tahun ini. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, penting bagi pemerintah daerah, pemerintah pusat, hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar membelanjakan anggaran untuk produk dalam negeri, terutama UMKM.

Apalagi digitalisasi menjadi solusi bagi pelaku UMKM dan koperasi untuk bertahan di tengah corona. Selama masa pandemi, ada 17,5 juta pelaku UMKM yang berhasil masuk ke ekosistem digital.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...